Beritakan Firman!

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 4: 1 – 5

“Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.” (2 Timotius 4 : 2)

Kesempatan untuk memberitakan firman Allah tidak selalu ada (4:2-6). Oleh karena itu, bila kita mendapat kesempatan untuk memberitakan firman Allah, kita harus memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Bila kesempatan tidak kita manfaatkan, kita akan kehilangan kesempatan.

Dalam 3:14-17, kita telah membaca tentang pentingnya firman Allah dalam kehidupan kita, khususnya untuk menghadapi kondisi yang (semakin) sukar. Dalam 4:2-4, Rasul Paulus mengingatkan Timotius agar senantiasa siap sedia memberitakan firman Allah. Firman Allah bukan hanya penting untuk membangun diri kita sendiri, tetapi juga penting untuk membangun orang lain. Bila kita sungguh-sungguh berusaha melakukan firman Allah dalam hidup kita, maka kita pasti akan selalu siap memberitakan firman Allah kepada orang lain.

Dalam 4:5, Rasul Paulus mengingatkan Timotius agar terus memberitakan Injil. Berita Injil adalah bagian firman Allah yang paling diperlukan manusia, yaitu kabar baik tentang Tuhan Yesus Kristus yang telah mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Berita Injil inilah yang memungkinkan seorang pendosa yang mau mempercayai Yesus Kristus bisa mengalami perubahan hidup menjadi manusia baru di dalam Kristus. Bila kita telah menjadi manusia baru, Roh Kudus pasti mendorong kita untuk menyampaikan kabar baik itu kepada dunia yang berdosa.

Saat ini, walaupun ada berbagai hambatan, kesempatan memberitakan Injil masih terbuka, bahkan semakin terbuka. Bila kita sungguh-sungguh menginginkan agar kehendak Allah terlaksana melalui kehidupan kita, kita harus memakai setiap kesempatan untuk memberitakan Injil. Rasul Paulus tetap setia dan bersemangat memberitakan firman Allah sampai akhir hidupnya. Bagaimana dengan Anda?

Pakailah setiap kesempatan untuk memberitakan firman, baik atau tidak baik waktunya!

Artikel oleh: August 4, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 2 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda