Manusia Purba & Manusia Modern

a-25

Sebagai seorang pendeta, wawasan anda harus luas dan mengerti apa yang mendasari perkembangan pengetahuan manusia sampai hari ini menuju ke masa depan. Kenali perkembangan Ilmu sekalipun kita tidak menganutnya. Jangan takut untuk membicarakannya karena teori evolusi tetaplah teori evolusi selama the ‘missing link’ tidak ditemukan. Tidak semua ilmuwan percaya kepada evolusi. Untuk beriman di jaman modern ini anda tidak harus jadi pengikut teori evolusi. Tetapi anda tidak bisa menghindarkan diri dari mengetahui isi teori tersebut.

Contoh saja mengenai dinasourus, Alkitab tidak menyinggungnya. Kita tidak bisa menyimpulkan bahwa dinasourus tidak ada karena fosilnya memang ada. Tetapi mengapa Alkitab tidak menyinggung soal dinasourus? Sengahja? atau memang tidak memiliki catatan itu?

Kekristenan telah didera oleh begitu banyak perlawanan dan pertentangan. Salah satu yang terberat adalah dari Ilmu Pengetahuan. Sejak Teori Evolusi Darwin diketengahkan, keragu-raguan orang kepada Alkitab semakin menjadi-jadi. Benarkah manusia berkembang dari mahluk yang lebih rendah? Benarkah kita dan simpanse hanya selangkah perubahan? Benarkah jejak manusia ada dalam kera? dsb.

Di sisi lain, penemuan-penemuan arkeologi mengetengahkan bukti yang masih menjadi pertanyaan bagi kita, yaitu catatan Alkitab tidak menyatakan bahwa sebelum Adam dan Hawa ada mahluk lain yang serupa dengan manusia.

Sekalipun Alkitab hanya samar-samar misalnya tentang istri kain, tentang mahluk raksasa, tetap saja manusia purba yang telah ada sebelum manusia modern, menjadi pertanyaan.

Apakah Alkitab hanya berisi catatan tentang manusia modern? Apakah perubahan dari manusia purba menjadi manusia modern telah terjadi karena sesuatu? Mutasi gen? Rekayasa mahluk alien? Atau apa?

Berikut adalah catatan yang menambah pengetahuan dan wawasan kita (posted September 2008 oleh fajarnet) tentang apa yang beredar dalam dunia pendidikan dan masyarakat:

Secara umum penemuan manusia dari jaman ke jaman terbagi atas tiga kelompok: manusia kera, manusia purba dan manusia modern.

yang perlu diingat adalah bahwa teori ini hanya dugaan dan tidak terbukti, kebenarannya karena teori evolusi sudah runtuh. Fosil manusia lama yang ditemukan bisa saja bukan fosil manusia atau manusia yang memiliki bentuk ciri tubuh yang unik, atau bahkan hasil rekayasa.

1. Manusia Kera dari Afrika Selatan

  • Australopithecus Africanus: ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland. Ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja
  • Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensus

Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil manusia kera tersebut disebut sebagai australopithecus

2. Manusia Purba (homo erectus)

  • Sinanthropus Pekinensis: adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking China oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus Pekinensis dianggap bagian dari kelompok Pinthecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era haman yang bersamaan. SInanthropus Pekinensis memiliki volume otak sekitar 900 – 1200 cm kubik
  • Meganthroupus Paleojavanicus (Manusia Raksasa Jawa): meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran dio pulau Jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939-1941
  • Manusia Heidelberg: ditemukan di Jerman
  • Pithecanthropus Erectus: manusia purba yang pertama di mana fosil tulang belulangnya ditemukan di Trinil Jawa Tengah tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hinga setengah juta tahun yang lalu. Volume otaknya diperkirakan sebesar 700 – 1000 cm kubik. Bagian tulang belulang yang ditemukan itu adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak

3. Manusia Modern

Pengertian manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volume otak adalah sekitar 1450 cm kubik yang hidup sekitar tahun 15.000 – 150.000 tahun yang lalu. manusia modern disebut demikian karena hampir mirip atau menyerupaimanusia yang ada pada saat ini.

  • Manusia Swanscombe – berasal dari Inggris
  • Manusia Neandertal – ditemukan di lembah Neander
  • Manusia Cro-Magnon ditemukan di gua Cro-Magnon, Lascaux Perancis. Diduga sebagai campuran antara manusia Neandertal dan manusia gunung Karmel
  • Manusia Shanidar – fosilnya dijumpai di Irak
  • Manusia Steinheim – berasal dari Jerman

(Sumber: http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/sejarah/sejarah-penemuan-fosil-manusia-purba-manusia-kera-dan-manusia-modern-teori-perkembangan-e)

Artikel oleh: July 11, 2009  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

3 Komentar

  1. cimut - August 8, 2009

    mengapa fosil manusia purba bisa diketahui dari volume otaknya?

  2. anthony - October 12, 2009

    manusia purba atau raksasa adalah hasil rekayasa dari lucifer. sbg org kristen kita hrs melihat nya dgn hikmat. ketika Allah menciptakan bumi dikatakan dlm keadaan blm berbentuk dan ksg, gelap gulita menyelimuti samudra,jelas ada oknum yang mengacaukan proses ciptaan Allah,lucifer.ia tau Allah ingin menciptakan sosok yang menyerupai TUHAN ALLAH yaitu manusia, makanya ia pun menciptakan manusia menurut versi nya atau malaikat pengikut nya yang turun ke bumi menjd manusua, yaitu manusia purba atau raksasa. mungkin kita bertanya bukankah adam hidup 6000 thn yang lalu, sdgkan usia manusia purba atau binatang purba hidup puluhan bahkan jutaan tahun yang lalu.kalau kita cermati adam hidup bkn 6000 thn yg lalu, tp 6000 thn yg lalu Adam jatuh ke dlm dosa, sejak itulah umur manusia dihitung. kita tdk tau berapa pastinya umur Adam,krn ketika diciptakan usia adam adalah kekal, tdk mungkin adam diciptakan bsknya jatuh dalam dosa. Alkitab hanya mencatat garis besar nya bgmn manusia jth dlm dosa. jadi sangat dimungkinkan usia Adam hingga jutaan tahun, ingat 1 hari bg Allah 1000 thn bg manusia, ingat jg bahwa Adam semasa hidup nya di tempatkan di Taman Eden, mengapa ? Karena bumi sdh rusak dgn hadirnya ciptaan lucifer yaitu manusia purba / raksasa. hal ini untuk menjaga kekudusaan adam sebagai ciptaan Nya. Lucifer ketika jatuh kedalam dosa telah menjadi oknum yang menjijikkan, jd apapun yg dia ciptakan tdk dpt sempurna makanya jdlah manusia purba, manusia raksasa, dan binatang purba. hal ini untuk menunjukkan bahwa lucifer dgn segala kekuasaan nya unjuk gigi dapat menciptakan jg. Bukankah ia adalah Bintang Fajar yg kedudukannya hampir serupa dgn Tuhan Allah ( yesaya ).namun dengan kesombongan nya ia hendak merebut Tahta Allah, namun ke dunia org mati lah ia di campakkan. Jadi tidak ada yang namanya teori evolusi, jelas manusia purba bkn nenek moyang kita, karena manusia purba tidak sempurna, tdk spt kita sempurna serupa dgn Allah. nah skrg yg menjd pertanyaan nya kemana manusia purba dan binatang purba spt dinosaurus ? seperti ada lingkaran yg putus dgn manusia modern. dari semula Allah hendak melenyapkan ciptaan lain dgn adanya hujan meteor, hujan es spt yg disampaikan oleh para ilmuan, Allah tau ciptaan lain dapat mengancam kehidupan manusia nantinya, karena ciptaan lainnya memiliki sifat brutal yg diwarisi oleh lucifer, saling bunuh,saling makan. Makanya Allah membumi hanguskan ciptaan yg najis dan brutal itu. Yg terakhir Allah memunahkan dgn air bah. sehingga yg tersisa hanya ciptaan Allah yaitu Nuh dan keluarganya. Jadi sbgai org kristen kita jgn mau dibingungkan dgn ilmu pengetahuan, justru dgn ilmu pengetahuan dpt mengungkapkan kebesaran Tuhan. Semoga dgn artikel yg sy tulis ini dpt memberi pengertian dan jwban yg menjd pertynan kita selama ini. Syalom

  3. acimz - October 30, 2010

    Setuju sama anthonny. Kita tdk tahu apa yg terjadi pd bumi sblm penciptaan adam dan hawa. Lucifer dicampakkan sblm penciptaan mrk ttp di Alkitab ditulis bhw pernah ada bangsa2 yg dia kalahkan (ras lain kah? Atau manusia purba?) “Sebelum” dia dilemparkan ke bumi. Isaiah 14:12–”How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! How art thou cut down to the ground, who didst weaken the nations (KJV21)

    Terjemahannya:
    Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa- bangsa! (TB). Kecuali ayat ini tdk pernah ditafsirkan sbg lucifer oleh bpk2 pendahulu kita,mgk maknanya akan berbeda (krn kata asli hebrew dr lucifer adalah “heilel”,ttp oleh terjemahan latin diubah mjd lucifer krn alasan2 tertentu).

Tulis Komentar Anda