Bob Sadino Tentang Jiwa Wira Usaha

s-1

Bob Sadino seorang pengusaha sukses yang berangkat dari keputusannya untuk ‘memiskinkan’ diri dari kekayaan warisan orang tuanya. Ia mengajak keluarganya untuk memulia segala sesuatu dari bawah, banting tulang, merasakan pahit getir perjuangan, tetapi kemudian menghasilkan sukses yang besar. Kem Chiks adalah supermarket terkenal di daerah Jakarta Selatan yang disukai oleh orang-orang asing untuk berbelanja. Bob Sadino telah memulainya dari perenungannya tentang perbedaan antara telur dalam negeri dan telur ayam kampung. Bukunya tersedia di Gramedia.

Ia seorang yang unik karena ia selalu menjumpai orang dengan ciri khasnya, yaitu celana pendek. Ia menolak memakai celana panjang tatkala bertemu presiden Soeharto, presiden Mega. Ia tetap dengan celana pendeknya. Baginya, hidup harus diterima ditingkat dasar dengan kesederhanaannya barulah anda siap menjadi sukses. jangan mimpi untuk meraih tanpa keringat.

a-71

Tatkala ia berbicara di hadapan mahasiswa-mahasiswa yang mengundangnya, ia menginggalkan kesan yang dalam sekaligus ‘menyakitkan’ bagi dosen-dosen yang hadir. Karena nasehatnya yang pertama atas pertanyaan tentang apa rahasia keberhasilannya adalah “Anda harus berhenti dari perkuliahan ini! Pelajaran yang anda terima ini bikin anda jadi bodoh dan penakut!”.

Memang benar, yang dibutuhkan adalah keberanian!. Orang harus mengalahkan rasa takutnya terlebih dahulu. Takut menghadapi resiko. Perkuliahan justru mengajari untuk menghitung-hitung besarnya resiko dan menghindarinya. Padahal, menurut Bob justru dalam resiko itulah terdapat kesempatan sukses. Dosen-dosen adalah para penakut yang mengilmiahkan ketakutan mereka. Bisnis tidak akan jalan dengan rumusan para dosen. Anda harus menemukannya sendiri.

Sikap terbaik dalam memulai jiwa wira usaha:

1. Hilangkan rasa takut anda

2. Jangan berharap (jangan berharap segalanya mudah, nanti anda mudah kecewa)

3. Lepaskan belenggu jalan pikiran (konsep dan dugaan serta perhitungan)

Sedangkan untuk menjadi wirausaha anda harus menyandarkan diri pada beberapa prinsip  berikut:

1. Berkemauan keras

2. Mempunya tekad yang kuat dan determinasi (kepastian sikap)

3. Berani mengambil peluang

4. Bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan

Cobalah bayangkan jiwa para Pelayan Injil GSJA memiliki jia wira usaha, maka dalam 10 tahun, citra GSJA di ndonesia akan sangat berubah! Ketika Bob Sadino ditanya tentang dari mana ide terbaik untuk memuai sebuah usaha, ia berkata bahwa ide itu sudah disediakan Tuhan, lihatlah diri anda mulai dari ujung rambut sampai telapak kaki. Sesungguhnya bisnis adalah soal manusia. Di situlah sumber ide anda.

Apa yang menjadikan sebuah wira usaha pasti berhasil? Bob Sadino berkata:

1. Anda harus berusaha menjadi THE FIRST (yang pertama)

Jika tidak bisa, maka

2. Anda harus menjadi THE BEST

jika tidak bisa juga karena terlalu banyak saingan, maka

3. Anda harus menjadi DIFFERENT

Jiwa wira usaha dalam pelayanan adalah sikap tidak bergantung kepada orang lain, memiliki deterimanasi atau iman bahwa ia pasti bisa dengan kerja keras dan kesungguhan. Ia tidak menyerahkan kendali hidupnya pada orang lain, melainkan dirinya sendiri. Sukses tidak tergantung dari BPP, BPD, BPW atau dukungan lain. Sukses akan tergantung keputusan kita sendiri.

Tuhan memberkati!

Artikel oleh: July 12, 2009  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

Satu komentar

  1. irvan grosman - July 25, 2011

    Mantap dan memukau….andaikan kita semua orang Kristen menyadari bahwa pelayanan Tuhan juga satu bentuk wirausaha Allah yang diperccayakan pada kita untuk menyelamatkan domba-domba terhilang dan tersesat….

Tulis Komentar Anda