Janganlah Sombong!

Bacaan Alkitab: Yehezkiel 30 – 31

“Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena ia tumbuh tinggi dan puncaknya menjulang sampai ke langit dan ia menjadi sombong karena ketinggiannya”. (Yehezkiel 31 : 10)

wrath_of_god

Pengulangan gambaran kejatuhan Mesir merupakan sebuah penekanan bahwa hal ini akan terjadi. Hukuman bagi Mesir akan amat menyakitkan dan fatal. Yehezkiel sangat serius dalam menggambarkan kapan ia menerima visi dari Tuhan mengenai kehancuran Mesir (ayat 20). Ini memberitahukan kita bahwa hukuman ini sangat serius.

Tuhan mengingatkan Yehezkiel bahwa Dia adalah Allah yang telah mengalahkan kekuatan Firaun. Ia sebetulnya telah “mematahkan tangan” Firaun (ayat 21). Sulit dibayangkan apakah ini adalah pengertian yang harfiah atau sebuah ungkapan. Namun apapun maksudnya, kita mengerti bahwa Tuhan telah menangkap Firaun dan bahkan mematahkan kekuatannya, yaitu “tangan”nya. Tuhan membuat kekalahan Mesir menjadi fatal. Tangan yang sudah dipatahkan dan yang masih baik akan dipatahkan lagi sehingga Firaun tidak bisa lagi memegang pedang di tangannya (ayat 22). Kekalahan Mesir akan amat fatal dan tidak bisa bangkit kembali. Juga Allah akan menyerakkan orang-orang Mesir sehingga tidak bisa lagi menggalang kekuatan untuk melawan bangsa lain atau untuk bisa bertahan sekalipun (ayat 23, 26). Firaun akan merasakan penderitaan yang amat berat dan kesakitan yang amat sangat karena Allah telah mengalahkan bangsa ini (ayat 24b, 25).

Allah menunjukkan kemahakuasaan-Nya dengan memakai Babel untuk menduduki Mesir. Ia membangkitkan Babel dan memberikan kekuatan kepada bangsa ini untuk mengalahkan Mesir (ayat 24, 25). Pengulangan ini merupakan sebuah kepastian akan apa yang akan dilakukan oleh Allah kepada Mesir melalui Babel. Firaun pasti akan takluk dikalahkan dan Allah akan menggunakan Babel untuk hal ini.

Tak ada yang dapat bertahan di hadapan Allah yang berdaulat. Sekaliber Mesir yang adikuasa pun tidak! Bila demikian, siapakah kita hingga menyombongan diri dan mau atur hidup kita sendiri? Bertobatlah dari kesombongan kita. Tundukkan diri sepenuh hati kepada-Nya. Lihatlah, Dia tahu memberkati dan melimpahi hidup Anda dengan sukacita.

Jangan sombong, tapi megahkanlah Tuhan dalam hidupmu!

Artikel oleh: March 21, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Ezekiel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yehezkiel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda