Tetaplah Taat!

Tetaplah Taat2

“Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel supaya mereka berangkat.” (Keluaran 14:15)

 

Setelah lebih dari 430 tahun bangsa Israel tinggal sebagai budak di Mesir, Tuhan membangkitkan Musa untuk memimpin mereka memasuki suatu babak baru. Akan tetapi, setelah meninggalkan Mesir, mereka tiba pada jalan buntu: di depan laut dan di belakang tentara Firaun. Maju berarti bunuh diri, mundur berarti memberi diri dibantai oleh pedang dan panah pasukan Mesir yang perkasa. Situasi itu membuat Musa menghadapi jutaan manusia yang berpikir dengan pola pikir ‘penyesalan masa lalu’ dan ‘kekuatiran masa depan’ (Ay 11-12). Mengapa Musa dan bangsa Israel yang dipimpinnya sampai mengalami situasi penuh pergumulan seperti ini? Apakah karena Musa tidak taat? Tentu saja tidak! Justru ketaatan kepada Tuhanlah yang membawa mereka pada situasi seperti itu.

Hidup taat tidak serta merta membebaskan kita dari persoalan hidup. Akan tetapi, setelah bacaan Alkitab hari ini selesai kita baca, jelas bahwa akhir dari ketaatan Musa adalah kemenangan iman yang luar biasa. Bangsa Israel bukan hanya dibebaskan dari ancaman tentara musuh, tetapi mereka mangalami kuasa penyertaan-Nya yang ajaib. Oleh karena itu, tak perlu menyesali hari-hari yang sudah berlalu dan tak perlu kuatir untuk hari esok. Bertekadlah untuk hidup dengan penuh ketaatan kepada pimpinan firman Tuhan.

Tuhan bertindak tepat pada waktunya dalam kebuntuan, ketegangan, dan ketakutan yang sedang dihadapi manusia dengan memberikan jalan keluar kepada mereka.В  Tuhan tidak pernah terlambat bertindak, kuasa-Nya yang dahsyat sanggup menyelesaikan masalah sebesar apapun.В  Karena itu jangan pernah kehilangan iman kita kepada Tuhan. Ia peduli dan akan bertindak dalam kuasa dan kedaulatan-Nya. Entah Dia akan melalukan krisis itu secepatnya atau Dia akan meningkatkan kekuatan iman anak-anak-Nya dalam menghadapi kesulitan atau krisis tersebut.

Jangan terpaku pada besarnya persoalan, tetaplah taat dan pakailah otoritas Allah untuk memenangkan persoalan!

 

Artikel oleh: September 18, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Exodus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Keluaran)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda