Berkat Terbesar

Berkat Terbesar

“Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru” (Yesaya 65 : 17)

 

Yesaya bernubuat mengenai hukuman bagi para penyembah berhala dan keselamatan bagi mereka yang setia kepada Tuhan. Dalam perikop kita hari ini, janji keselamatan itu diungkapkan secara lebih jelas dan rinci. Pemulihan yang Tuhan janjikan bagi umat-Nya itu juga digambarkan sangat dramatis, mengingatkan kita akan masa-masa awal penciptaan langit dan bumi.

Yesaya menggambarkan, ketika Tuhan memulihkan umat-Nya maka keadaannya seperti ketika Ia menciptakan langit dan bumi yang baru. Gambaran ini juga menegaskan bahwa semua penderitaan di masa lalu tidak akan mereka alami lagi. Suasana yang penuh sukacita meliputi umat-Nya.  Karya keselamatan yang Tuhan kerjakan ini akan dialami secara nyata oleh umat-Nya. Mereka akan merasakan berbagai bentuk berkat Tuhan. Mereka akan hidup dalam kesejahteraan sehingga mencapai usia yang panjang, menikmati hasil pekerjaan mereka, dan keluarga yang bahagia. Namun, lebih dari semua itu, mereka juga menikmati persekutuan yang intim dengan Tuhan dan dengan sesama.

Melalui bacaan ini ada beberapa hal yang dapat kita pelajari mengenai keselamatan: 1) keselamatan yang Tuhan kerjakan adalah sempurna, 2) berkat-berkat keselamatan itu juga sudah dapat kita nikmati selama kita di dunia, 3) puncak dari keselamatan itu bukanlah kesejahteraan material, melainkan pulihnya hubungan kita dengan Tuhan dan sesama. Namun pada kenyataannya, dalam kehidupan orang-orang Kristen masa kini, pulihnya hubungan dengan Tuhan dan sesama sering tidak diperhitungkan sebagai berkat yang utama.

Sekarang, cobalah bandingkan janji Tuhan dalam bacaan hari ini dengan kehidupan Anda sendiri. Dari semua berkat yang Tuhan janjikan kepada umat Israel, berkat apa sajakah yang telah Anda nikmati dalam kehidupan Anda sekarang ini? Dari berkat-berkat tersebut, apa yang Anda pelajari mengenai karya keselamatan Tuhan dalam hidup Anda.

 

Berkat terbesar dari anugerah keselamatan adalah pulihnya hubungan Anda dengan Allah dan sesama. Sudahkan Anda mengalaminya?

 

Artikel oleh: June 19, 2016   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Isaiah (Renungan Alkitab dari Kitab Yesaya)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda