Akibat Ketidaktaatan

“Oleh karena jahatnya perbuatan-perbuatan mereka Aku akan menghalau mereka dari rumah-Ku. Aku tidak akan mengasihi mereka lagi…” (Hosea 9:15b)

Akibat Tidak Taat

Dalam Kitab Hosea digambarkan bagaimana dosa-dosa yang telah dibuat oleh umat Israel.  Kitab ini berisi sekitar 150 pernyataan tentang dosa-dosa Israel dan lebih dari separuhnya berkaitan dengan penyembahan kepada illah lain dan berhala. Dalam kitab Hosea pun digambarkan dengan jelas bagaimana hubungan langsung antara dosa yang terus-menerus dibuat oleh umat Israel dengan hukuman yang tidak terelakkan.

Demikian pula kita sekarang ini semakin banyak orang-orang menyembah berhala atau penguasa kegelapan untuk memperoleh kekayaan maupun kekuasaan secara cepat (instant). Hal ini terjadi karena kekayaan dan kekuasaan merupakan indikator keberhasilan seseorang dalam dunia ini (kesenangan duniawi), sehingga untuk mencapai itu kita berani berpaling dan menghianati Tuhan.  Tidak adanya kesetiaan, kasih dan kesucian dalam kehidupan kita, maka Tuhan yang adil akan menegur dan menghukum kita, sehingga untuk seketika kita harus menderita.

Kedua penekanan utama Hosea dirangkum oleh Paulus dalam Roma 6:23, “Upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Namun Allah itu kasih ia mengasihi kita, maka Allah akan memulihkan kita, seperti yang pernah dijanjikan Allah yaitu keselamatan disediakan bagi Israel (Hos 1:10), dan nubuatan tentang Kebangkitan Kristus akan membangkitkan orang percaya (Hos 6 : 2). Allah menghendaki kita bertobat dengan sungguh-sungguh, yaitu pertobatan batiniah, bukan lahiriah, “Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu” (Yoel 2:13). Allah juga menjanjikan bahwa: “Barangsiapa berseru dalam nama Tuhan akan diselamatkan” (Yoel 2:32).

 

Ketaatan membawa berkat,

ketidaktaatan membawa kutuk.

Artikel oleh: September 24, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Hosea (Renungan Alkitab dari Kitab Hosea)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda