Hidup Yang Berdampak

Bacaan Alkitab: Daniel 2

“Berkatalah Daniel: “Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!” В  (Daniel 2:20)

Daniel dan teman-temannya adalah orang Yahudi yang takut akan Tuhan, sehingga Tuhan memberikan hikmat dan pengetahuan kepada mereka, bahkan melebihi dari yang lain. Tetapi Daniel lebih istimewa karena Tuhan juga memberikan pengertian tentang berbagai penglihatan dan mimpi kepadanya.

Suatu hari raja Nebukadnezar bermimpi, mimpi yang sangat aneh, dan raja sendiri sudah tidak bisa mengingat secara detail mimpinya; makanya raja Nebukadnezar jadi gelisah.В  Sepertinya karena mimpi itu, raja kena penyakit insomnia.В  Raja memanggil orang-orang pintar di kerajaannya tapi tak satupun yang bisa menjelaskan mimpinya. Raja memutuskan untuk melenyapkan orang-orang pintar itu.В  Mendengar hal itu, kemudian Daniel dan teman-temannya berdoa meminta belas kasihan Tuhan untuk menunjukkan isi dan pengertian mimpi raja itu, dan Tuhan pun menjawab.

Dari kisah ini, Alkitab tidak mengajarkan tentang menafsirkan mimpi.В  Tetapi Alkitab mengajarkan bahwa Tuhanlah yang memberi hikmat sehingga mimpi dapat ditafsirkan.В  Lihat saja, orang-orang berilmu di negeri sang Raja (ay 2) tidak bisa mengartikan mimpi raja. Hanya orang yang diberikan hikmat Tuhanlah yang mampu melakukannya. Itu juga bukan karena kepandaian Daniel, tapi semata-mata karena Tuhan. Jadi, tidak ada pola bagaimana menafsirkan mimpi. Penafsiran mimpi langsung diperoleh dari Tuhan, tanpa ada rumus kalkulasinya, dan caranya. Kalau bermimpi yang sepertinya tidak seperti biasa, mintalah kepada Tuhan apa maksud dari mimpi itu, sekaligus kita dapat melatih kepekaan untuk mendengar suara Tuhan.

Yang lebih penting adalah Daniel yang seorang budak dan hampir dibunuh mati, sekarang ia malah disembah (ay 46) dan dipercayakan kekuasaan yang begitu besar atas kerajaan Babel beserta Hananya, Misael, dan Azarya. Daniel bisa menjadi dampak yang besar ditengah kerajaan kafir. Betapa besarnya kemuliaan yang kelak akan kita terima kelak bersama dengan Tuhan di akhir zaman, yaitu kita semua orang percaya yang merindukan kedatangan kerajaan-Nya dan hidup memperjuangkan kerajaan ini!

Jadilah umat Tuhan yang berdampak dan menjadi saksi Tuhan dimanapun Anda berada.

Artikel oleh: September 7, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Daniel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Daniel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda