Bersekutu dengan Tuhan

Bacaan Alkitab: Kejadian 5

“Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah”
(Ibrani 11 : 5)

Dosa memisahkan manusia dari Allah, hubungan manusia dengan Allah telah pecah, hal itu digambarkan dengan terusirnya manusia dari taman Eden.В  Tapi Tuhan tetap mengasihi manusia. Kasih Tuhan memancarkan anugerah Tuhan untuk manusia, yaitu Tuhan tetap memberikan jalan dan kesempatan untuk manusia dapat kembali berkenan kepadaNya.

Dalam pasal ke 5 ini, kita mendapatkan daftar dari keturunan Adam dan Hawa, dari garis Set. Mereka adalah orang-orang yang mewarisi dosa keturunan orang tuanya, yang menjadikan mereka terhitung sebagai orang berdosa dihadapan Allah.В  Pasal ini dimulai dengan pernyataan bahwa Tuhan menciptakan manusia “..menurut rupa Allah” implikasi dari kebenaran ini adalah, bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan tujuan, dengan rencana, manusia tidak sekedar diciptakan.

Salah satu tujuannya adalah supaya Tuhan dapat bersekutu dengan manusia.В  Dalam I Korintus 10 : 20 dikatakan, “Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat”. Panggilan Tuhan yang utama kepada manusia ciptaanNya adalah “Bersekutu dengan Dia”.

Dalam garis keturunan Adam, ada seorang yang bernama Henokh (ay. 23-25). Henokh menjalankan hidup yang memenuhi panggilan Tuhan, yaitu bersekutu dengan Tuhan (ay. 24) dan Tuhan berkenan atas kehidupan Henokh, sehingga Tuhan mengangkat Henokh ke surga.

Pada masa sekarang Yesus sudah membuka jalan untuk kita dapat menghampiri Allah.В  Jalan untuk kita bersekutu dengan Allah, telah terbuka dengan lebar, mari kita penuhi “Panggilan” Surga untuk kita membangun persekutuan dengan-Nya.

Panggilan Tuhan yang utama kepada manusia ciptaan-Nya adalah bersekutu dengan Dia.

Artikel oleh: January 11, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Genesis (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kejadian)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda