Jalanilah Hidup Dengan Benar!

Bacaan Alkitab: Kejadian 6

“Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi”
(Kejadian 6 : 12)

Tantangan dan tawaran dunia makin lama makin menggiurkan. Dosa sekarang ini dianggap sebagai gaya hidup. Sayangnya, banyak anak Tuhan ikut-ikutan gaya hidup dunia. Meski rajin beribadah, mereka tidak berani hidup radikal dan total kepada Tuhan. Meski rajin melayani, tapi juga masih tetap rajin berbuat hal-hal yang tidak Tuhan sukai. Tak berbeda dengan zaman Nuh. Waktu itu pun semua orang hidup dalam kejijikan dosa. Tak ada yang mau hidup benar. Tapi Tuhan melihat sesuatu yang beda dalam hidup Nuh. Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela, dan Nuh itu bergaul dengan Allah.

Meneladani hidup Nuh, ada tiga hal yang harus kita lakukan supaya tidak tercemar. Pertama, hidup benar di hadapan Allah. Artinya, tidak hidup abu-abu, atau mengerjakan kebenaran firman dengan setengah-setengah. Dalam Tuhan tidak ada dosa putih (atau berbuat dosa demi kebaikan). Kedua, hidup tidak bercela. Artinya, hidup dengan kemurnian sehingga ketika orang mencari-cari kesalahan kita, mereka tidak mendapatinya. Ketiga, hidup bergaul dengan Allah. Orang yang hidup bergaul dengan Allah akan mampu melawan godaan dosa. Akan tetapi, jika kita hanya sekadar menjalankan ibadah sebagai ritual, kita tentu tidak akan kuat melawan godaan dunia.

Semua yang ada dalam dunia, yaitu keinginan daging, keinginan mata serta keangkuhan hidup bukanlah berasal dari Allah. Hidup dalam Allah tidak digerakkan oleh keinginan daging, tapi berdasarkan ketaatan total kepada Allah. Jika kita ingin didapati hidup berbeda, kita harus belajar membangun hidup di atas kebenaran, kekudusan dan keintiman dengan Tuhan.

Ketaatan total artinya melakukan firman Allah tepat seperti apa yang Allah katakan, tidak lebih dan tidak kurang.

Artikel oleh: January 11, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Genesis (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kejadian)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda