Kekuatan Firman

Bacaan Alkitab: Ibrani 4 : 12 – 16

 

“Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita”
(Ibrani 4:12).

Saat gergaji mesin memotong sebatang pohon besar tua, maka tampaklah sebuah benda asing. Di situ tertanam sebuah peluru kaliber 22, tersembunyi di dalamnya. Setelah terpotong barulah terlihat benda itu. Dari luar, bekas peluru itu tidak tampak, namun di dalamnya tampaklah jalan peluru yang menembus hingga ke jantung pohon. Dibandingkan dengan ukuran pohon yang besar tersebut, peluru tersebut amatlah kecil, namun akibatnya daerah di sekitar peluru itu tampak kehitam-hitaman dan membusuk.  Ketika pertama kali peluru dilesatkan dan masuk ke dalam batang pohon, tidak tampak sesuatu yang aneh, kecuali goresan kecil pada permukaan batang pohon. Lalu bersamaan dengan waktu, pohon itu menjadi semakin besar dan kuat, dan daerah sekitar peluru itu juga semakin meluas dan membusuk.

Apabila dosa masuk ke dalam diri seseorang, maka “benda” itu menembus hingga ke dalam. Bersamaan dengan berlalunya waktu, maka kebusukan itu juga semakin membesar. Tampak luar mulus-mulus saja, tetapi kebusukan terjadi di dalam! Seperti penyakit kanker yang terkadang tidak ada gejala fisik yang berarti sampai suatu ketika dokter mengatakan bahwa kanker itu sudah mencapai stadium akhir.

Saudara, dosa itu bekerja seperti itu, menembus dalam diri seseorang. Dosa itu menghancurkan. Dan satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan cara memotongnya sampai ke dalam dan melihat isinya. Firman Tuhan seperti pedang bermata dua yang tajam. Ia mampu menembus sampai ke dalam hati manusia dan menemukan bagian-bagian yang busuk dalam hidup manusia.  Setiap kali kita membaca Alkitab, sebenarnya kita sedang mengizinkan firman itu membelah hingga ke dalam hati kita. Dan jangan terkejut kalau tiba-tiba Anda disentakkan dengan kenyataan bahwa ada kebusukan dalam hati Anda. Kalau sudah begini mintalah ampun kepada Tuhan dan mohonkanlah darah Kristus menyucikan Anda kembali. Kalau tidak, kebusukan itu akan semakin meluas sampai membunuh Anda.

Daya ledak kekuatan firman Tuhan melebihi bom nuklir.

Artikel oleh: September 21, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Hebrew (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ibrani)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda