Imam yang Sempurna

Bacaan Alkitab: Imamat 8

“Maka Harun dan anak-anaknya melakukan segala firman yang diperintahkan Tuhan dengan perantaraan Musa”
(Imamat 8: 36)

 

Penahbisan Harun sebagai imam besar dan anak-anaknya sebagai para imam menunjukkan bahwa mereka adalah imam-imam yang tidak sempurna. Sebelum mereka ditahbiskan, mereka harus mempersembahkan korban penghapus dosa untuk diri mereka sendiri (8:14).

Ketidaksempurnaan keimaman Harun dan anak-anaknya itu amat kontras dengan kesempurnaan Yesus Kristus sebagai Sang Imam Besar Agung. Tuhan Yesus tidak perlu mempersembahkan korban penghapus dosa karena diri-Nya tidak berdosa. Sebaliknya, Tuhan Yesus memberikan diri-Nya sendiri menjadi Sang Anak Domba Allah yang mengangkut dosa dunia. Tuhan Yesus tidak pernah memotong binatang untuk menjadi korban persembahan kepada Allah, melainkan Dia memberikan diri-Nya sendiri untuk mati di kayu salib guna memikul dosa kita (1 Petrus 2 : 24)

Imam besar biasa tidak bisa menghapus dosa umat Allah dalam arti sesungguhnya. Upacara persembahan korban hanyalah lambang dari karya Yesus Kristus sebagai penebusan dosa yang sesungguhnya dan Dialah Imam Agung kita (Ibrani 4 : 14, 15). Persembahan korban dalam perjanjian lama harus dilakukan secara berulang-ulang karena persembahan tersebut hanyalah lambang yang digenapi di dalam karya Kristus di kayu salib.

Pada masa kini, setiap orang percaya adalah imam (1 Petrus 2 : 9; Wahyu 1 : 6), tetapi kita sudah tidak perlu lagi melaksanakan upacara korban karena pengorbanan Kristus di kayu salib sudah cukup untuk menebus dosa tanpa perlu diulang atau ditambah dengan sesuatu yang lain. Sekalipun demikian, kita tetap harus menjalankan peran sebagai perantara antara Allah yang Mahasuci dengan manusia berdosa, yaitu melalui menaikkan doa syafaat dan menyampaikan Injil keselamatan kepada dunia ini.

Yesus Kristus adalah Imam Besar yang sempurna, yang tidak bercacat cela.

Artikel oleh: November 18, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Leviticus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Imamat)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda