Bertobatlah!

Bertobatlah

“Tetapi orang Yehuda melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan mereka menimbulkan cemburu-Nya dengan dosa yang diperbuat mereka lebih dari pada segala yang dilakukan nenek moyang mereka”. (1 Raja-Raja 14 : 22)

 

Menunda adalah sesuatu hal tidak baik untuk kita pelihara, apalagi menunda untuk tidak membereskan masalah ataupun hal yang bersangkut-paut dengan kesalahan dan dosa kita. Hal itulah yang digambarkan dalam kehidupan Yerobeam dan Rehabeam dalam pasal ini.

Menunda membereskan dosa merusak hubungan dengan Tuhan (14:1-20).  Dari satu sisi, Yerobeam sadar bahwa dia memerlukan pertolongan Tuhan saat menyaksikan bahwa anaknya sakit. Dari lain sisi, Yerobeam tidak mau membereskan dosanya sehingga dia ingin meminta pertolongan Tuhan secara sembunyi-sembunyi. Dia menyangka bahwa penyamaran isterinya dapat mengelabuhi nabi Ahia. Dosa membuat Yerobeam tidak berani secara terbuka meminta pertolongan Tuhan.

Menunda membereskan dosa akan membuat kita semakin jatuh dalam dosa (14:21-31). Rehabeam tetap tidak bertobat walaupun Israel telah terpecah menjadi dua kerajaan akibat kesombongannya. Akibatnya, penyebaran gaya hidup yang berdosa tidak bisa dicegah. Penyembahan berhala semakin marak (14:23). Bahkan, ada pelacuran bakti (pelacuran yang dilakukan dalam rangka melaksanakan ibadah kafir untuk memohon kesuburan tanah) di Kerajaan Yehuda (14:24). Dirampasnya barang-barang di Bait Suci pun dan di istananya pun tidak membuat Rehabeam bertobat. Dia mengganti perlengkapan tempur yang dirampas musuh dengan peralatan yang mutunya lebih rendah (14:25-27). Dosa yang tidak diselesaikan telah membuat Rehabeam semakin terjerumus ke dalam dosa dan semakin mengeraskan hati.

Akibat dari dosa yang tidak dibereskan dengan tuntas menghasilkan kesukaran dan hukuman dari Tuhan. Bagaimana dengan Saudara?

 

Jangan pelihara dosa dalam diri Anda! Bereskan hal itu secepatnya dihadapan Tuhan; dan bertobatlah!

 

Artikel oleh: December 2, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from 1 Kings  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda