Sahabat Yang Tulus

Dibalik Penderitaan

“Jawab Gideon kepada mereka: “Aku tidak akan memerintah kamu dan juga anakku tidak akan memerintah kamu tetapi TUHAN yang memerintah kamu.” (Hakim-Hakim 8 : 23)

 

Gideon telah memberikan yang terbaik bagi bangsa Israel.  Mereka terbebas dari bangsa Midian yang telah menindas mereka selama 7 tahun (lih 6:1).  Mereka bahkan menikmati keamanan selama 40 tahun (8:28).

Akan tetapi, begitu Gideon mati, kita langsung membaca ada dua ironi besar terjadi (ay 33-35).

  • Mereka langsung melupakan Tuhan, dan
  • Mereka segera melupakan kebaikan Gideon.

Dari sekian banyak pelajaran, inilah satu pelajaran tersulit mengenai persahabatan.

  • Setiap kali kita berbuat baik kepada seorang sahabat, kita harus segera melupakannya, sehingga hati kita semakin dilimpahi ketulusan dan kemurahan.

Itulah pelajaran yang disampaikan Victor Hugo dalam Les Miserables.

Jean Valjean, suatu kali, mencuri sepotong roti karena tidak tahan melihat keponakan-keponakannya menangis kelaparan.  Dia, tragisnya, harus menjalani 19 tahun pemenjaraan.  Ketika dia bebas, Jean sulit sekali mendapat pekerjaan karena dia mantan napi.  Menjelang malam, seorang hamba Tuhan, menawarkannya untuk bermalam sambil memberikan jatah makan malamnya sendiri.

Karena tidak tahan godaan, Jean mencuri piring-piring perak yang dipakainya, lalu pergi diam-diam.  Dia segera tertangkap dan dikembalikan ke rumah sang hamba Tuhan.  Akan tetapi, hamba Tuhan tsb berkata, “Jean saya memang berniat untuk memberikan semua itu untukmu, tetapi kamu lupa membawa tempat lilinnya.”  Jean sangat tersentuh dan sejak itu dia sungguh bertobat.

Ya, daripada menumpuk kekecewaan, lebih baik pupuklah ketulusan, maka Tuhan sendiri yang akan memberkati.

 

Sahabat yang menuntut balas akan terus dipenuhi kekecewaan,  tetapi sahabat yang tulus akan semakin dilimpahi kemurahan dan kebaikan.

 

Artikel oleh: April 10, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Judges (Renungan Alkitab dari Kitab Hakim-Hakim)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda