Hidup Dengan Bijak

“Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ” (Hosea 14 :10)

 Hidup Dengan Bijak

         Orang yang bijaksana adalah orang yang mengikuti atau menelusuri jalan-jalan Tuhan. Jalan-jalan Tuhan yakni kebenaran firman Tuhan ataupun nilai-nilai Kristiani yang bersumber dari kitab suci.  Maka, bagi kita yang hidup di era masa kini mungkin lebih mudah untuk mengikuti dan menelusuri alias melaksanakan atau menghayati aneka aturan dan tatanan yang terkait dengan hidup, panggilan dan tugas pengutusan kita masing-masing.

Sebagai contoh adalah berlalu-lintas: ada aneka petunjuk dan rambu-rambu lalu lintas maupun petunjuk merawat dan mengendarai kendaraan, maka jika anda mendambakan selamat alias disebut bijaksana hendaknya mentaati dan melaksanakan aturan berlalu lintas maupun perawatan dan pemakaian kendaraan. Selanjutnya entah di sekolah maupun tempat kerja juga ada aneka aturan dan tatanan, maka hendaknya aturan dan tatanan tersebut dihayati dan dilaksanakan bersama-sama.

Dengan tegas firman Tuhan mengingatkan kita untuk menyikapi hidup dengan bijaksana.  Musa pun menaikkan doanya dalam Mazmur 90 : 12, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana”.  Banyak perkara yang kita hadapi setiap hari, terkadang senang, sedih, bahagia, sukses, kalah, ataupun menderita.  Ketika tantangan, godaan dan kesulitan ada dihadapan kita, maka disitulah kita dituntut untuk bersikap bijak dengan tetap bergantung kepada Tuhan. Jika kita bertindak sendiri dan sesuka hati kita, bahkan berbelok dari jalan yang benar, maka jangan salahkan Tuhan jika hidup kita “tergelincir” atau mengalami kesusahan akibat dari “pemberontakan” kita.

 

Jika hati kita bijak, maka kita akan melewati semua lika-liku kehidupan dengan baik.

 

Artikel oleh: October 5, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Hosea (Renungan Alkitab dari Kitab Hosea)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda