Allah Sumber Kesuksesan

Allah Sumber

“Demikianlah orang Israel ditundukkan pada waktu itu, sedang orang Yehuda menjadi kokoh, karena mereka mengandalkan diri kepada Tuhan, Allah nenek moyang mereka.”

(2 Tawarikh 13 : 18)

 

Raja Yerobeam mengambil langkah yang salah. Allah telah memberikan kepadanya kekuasaan atas sepuluh suku di Israel, tetapi dia malah mencari jalan sendiri untuk mengokohkan kerajaan Israel. Sebaliknya, Raja Abia mengandalkan Tuhan, sehingga Allah mengokohkan kerajaan Yehuda.

Untuk memperkokoh kerajaan Israel, Raja Yerobeam membuat dua patung anak lembu jantan dari emas, lalu meletakkan kedua patung tersebut di dua buah kota perbatasan, yaitu yang pertama di kota Betel (perbatasan dengan Kerajaan Yehuda di sebelah Selatan) dan yang kedua di kota Dan (perbatasan dengan Kerajaan Aram di sebelah Utara), dengan tujuan utama agar bangsa Israel tidak pergi beribadah ke Yerusalem (2 Tawarikh 13:8; 1 Raja-raja 12:26-30). Sebaliknya, Raja Abia tetap setia dan berlindung kepada Tuhan. Oleh karena itu, saat terjadi pertempuran antara Kerajaan Yehuda dengan Kerajaan Israel, TUHAN membela Kerajaan Yehuda sehingga pasukan Yehuda memperoleh kemenangan, bahkan Raja Yerobeam pun akhirnya mati karena dipukul oleh Tuhan (13:20).

Menurut 1 Raja-raja 15:3, sebenarnya Raja Abia (atau Abiam) pun juga tidak sepenuh hati berpaut kepada Tuhan.  Dia tidak berusaha mencegah pengaruh buruk dari bangsa-bangsa kafir yang tinggal di sekitar mereka. Akan tetapi, dia masih menyembah Allah dan mengandalkan Allah sehingga Allah memberi kemenangan dalam perang melawan Raja Yerobeam.  Kitab 2 Tawarikh tidak menceritakan sisi buruk dari Raja Abia karena tujuan kitab ini adalah untuk memberi semangat kepada umat Allah yang kembali dari pembuangan bahwa sumber kemenangan (kesuksesan) mereka adalah bila mereka tetap setia kepada Allah. Kisah ini mengingatkan kita bahwa sumber kekuatan dan kesuksesan kita berasal dari Allah saja.

 

Keberhasilan yang Anda raih bukanlah hasil perjuangan Anda sendiri; namun ingatlah bahwa Tuhan punya andil yang kuat didalamnya.

 

Artikel oleh: July 4, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Chronicles (Renungan Alkitab dari Kitab Tawarikh)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda