Hilangnya Keintiman

”Korban sajian dan korban curahan sudah lenyap dari rumah TUHAN; dan berkabunglah para imam, yakni pelayan-pelayan TUHAN.” (Yoel 1:9)

 Hilangnya Keintiman

         Yoel hidup ditengah umat yang telah meninggalkan ketetapan yang telah dibuat oleh TUHAN untuk dilakukan oleh mereka, tidak ada lagi ibadah, perseketuan, hubungan yang intim dengan TUHAN.  Mereka membiarkan dirinya jauh dari TUHAN dan tidak peduli lagi dengan ALLAH, sehingga Yoel mengatakan sudah tidak ada lagi korban-korban bagi ALLAH bahkan dikatakan sudah lenyap tidak berbekas lagi. Betapa parahnya kehidupan imannya, akibatnya mereka dekat dengan dosa dan kejahatan (Yoel 1:5).

Apa yang terjadi jika kita hilang keintiman dengan TUHAN, berdasarkan Yoel pasal pertama ?

1. Panen Gandum yang gagal, (Yoel 1:4). Ini yang terjadi panen gandum yang didepan mata, tiba-tiba dihancurkan oleh serbuan belalang yang bertubi-tubi, berkat yang sudah ada tinggal untuk dituai menjadi hancur dan tak berbekas. Sangat menyedihkan.

2. Sumber Penghasilan menjadi musnah dan buntung (Yoel 1:7), suatu keadaan yang sangat menyedihkan dan memilukan. Sumber kehidupan untuk meneruskan kehidupannya menjadi musnah dan hancur bahkan makin parah tidak dapat menghasilkan lagi.  Kehidupan jemaat yang membiarkan keintimannya hilang dengan TUHAN, menjadikan sumber-sumber penghasilan, sumber berkat dalam hidupnya menjadi musnah dan buntung.

3. Semua sumber berkat menjadi kering dan sukacita juga kering (Yoel 1:12).  Jenis-jenis berkat yang akan membawa dampak kelimpahan seperti : pohon ara, delima, korma, apel dan segala pohon menjadi kering bahkan kegirangan juga menjadi kering.  Tidak ada lagi kesempatan-kesempatan mencari berkat yang lain, semuanya menjadi kering dan  hilang. Sungguh mengerikan akibat kita meninggalkan ibadah dan keintiman dengan TUHAN, olehnya tidak ada cara lain ”Bangun kembali hubungan yang intim dengan TUHAN, jangan biarkan korban-korban itu menjadi hilang dalam hidup penyembahan kita”.

 

Akibat hilangnya ”Keintiman dengan TUHAN” mengakibatkan hilangnya janji TUHAN tentang berkat dan kelimpahan bagi umat-Nya.

 

Artikel oleh: October 6, 2013   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Joel (Renungan Alkitab dari Kitab Yoel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda