Manfaat IPAD Bagi Pekerjaan Pendeta

Ini berita untuk PI Perkotaan …. Dua bulan yang lalu, saya membeli sebuah Ipad, yang saat itu amat santer karena produk Apple itu tengah diluncurkan. Mesti menunggu sebulan sejak pemesanan barulah 2 bulan yang lalu sampai ke tangan saya. Dengan membeli Kartu SIM XL ukuran Mikro maka hiduplah Ipad tersebut, 32 Gb, Wifi, dan 3G. Saya membelinya dengan harga sekitar US$ 825 di Australia – titip ke anak jemaat kami.

JIKA ANDA MEMUNGKINKAN BELI IPAD, JANGAN RAGU-RAGU MEMBELINYA!

Sebaiknya anda membeli yang ada 3G karena mudah mendownload artikel-artikel untuk dibaca. Saya dapat meyakinkan anda bahwa jika anda pengguna aktif Ipad, maka dalam setahun pengetahuan anda meningkat tajam, anda akan semakin pandai dalam banyak hal – termasuk pengetahuan umum. Pastikan ada 3G-nya. Sedangkan wifi berguna untuk mendownload program-program yang dibutuhkan. Minimal anda akan harus membeli 20 program yang setiap programnya berharga antara 1 dolar atau 2 dolar saja, hanya [program tertentu seperti Docs to Go (office) yang berharga 19 dolar. Sekali anda beli anda bisa share untuk 4 Ipad lainnya.

Jika saudara tanya, apakah benar-benar Ipad tersebut berguna di tangan saya hari ini, maka saya kan jawab afirmatif, YA! Ipad sangat berguna untuk seorang pendeta di gereja lokal, pekerjaan organisasi, dsb. Memang saya melihat orang menggunakan Ipad untuk games, foto, atau mengetik. Sebenarnya Ipad SANGAT BERGUNA UNTUK MEMBACA & MENULIS (Bukan mengetik). Ipad sangat berguna di tangan seorang anak kecil, dewasa, maupun orang tua.

Begini, setelah 2 bulan menggunakan aktif Ipad baik sebagai gembala, pendeta, dan seorang yang aktif di organisasi:

1. Ipad sangat berguna untuk MEMBACA BUKU-BUKU & ARTIKEL yang didownload dari internet. Sekali anda tersambung ke internet via wifi maupun 3G maka artikel dengan sangat mudah anda baca, internet di tangan anda dengan view membaca yang sangat baik.

  • Dengan OFFLINE PAGES: anda mendownload artikel-artikel apa saja, men-save nya dan membacanya saat anda di mana saja, sehingga tidak ada waktu terbuang, kemana saja, anda sedang menambah pengetahuan anda. Offline Pages membantu anda menampilkan bahan-bahan yang sudah di save untuk dibaca seperti saat anda tersambung, sangat menarik.
  • Dengan IBOOKS atau STANZA anda dapat mendownload buku-buku bermutu masa lalu gratis yang belum pernah anda lihat atau baca, atau anda hanya dengar dulu ada, tetapi kini anda dapat membacanya, semua di download melalui 3G
  • Dengan GOT QUESTION anda dapat membaca berbagai artikel yang sudah disiapkan orang menjawab semua hal tentang dunia kekristenan, termasuk pandangan-pandangan, ajaran-ajaran sesat yang ada di sekitar Kristen, dsb.  Anda akan menjadi pandai!
  • Berbagai hal yang anda kirim via email – anda buka kembali di Ipad dan simpan di DOCS TO GO, sangat enak dibaca dan mencari ….

2. Ipad sangat berguna untuk MENULIS

  • Memang Ipad bisa digunakan untuk mengetik, tetapi jangan gunakan Ipad menggantikan laptop, tidak tepat. Ipad jelas kalah cepat dengan kalah baiknya dibanding Laptop. Ipad menyediakan virtual keyboard yang akan muncul di layar saat anda menulis di program-program penulisan.
  • Dengan PENULTIMATE yang membantu anda untuk menulis dengan jari anda secara cepat sehingga anda dapat mengikuti percakapan dengan tulisan tangan cepat, dan anda dapat langsung mengirimkan catatan tersebut dengan email. Penerima email anda membaca tulisan tangan anda, so personal!
  • Dengan MYSCRATCH  anda dapat bekerja mengetik di sebelah kanan dan mencari artikel di Google di sebelah kiri, anda mudah sekali menjadi “informatif dan saintifik” dengan Ipad
  • Dengan MANUSCRIPT  anda dapat membuat sebuah buku – karena progam ini membantu anda menyiapkan sebuah buku yang anda tulis. Anda dibantu dengan outline yang mudah dilihat, bentuk cover yang bagus, pengetikan biasa dengan virtual keyboard yang tampil, dan kemudahan membuka Google, dsb. mengkopy bahan yang anda temukan di internet, dan kembali ke posisi penulisan anda, so easy!
  • Dsb. …..

3. Ipad sangat berguna untuk ….

Saya tidak bisa ceritakan selanjutnya kecuali anda PI GSJA mulai memikirkan dan menimbang untuk mengumpulkan uang dan membelinya ….

Untuk Presentasi? Ya memang berguna walaupun tidak semudah Laptop, tetapi tetap dapat membantu anda. Prinsipnya, jangan gunakan Ipad untuk ‘tampil beda’ tetapi manfaatkan Ipad sesuai tujuan utamanya: reading and writing!

Soal email … anda membacanya dalam bentuk yang sangat bagus untuk dibaca!

Teman-teman dari sinode lain, termasuk para Ketua Sinode bertanya kepada saya, benarkah Ipad berguna, saya jawab YA!. Mereka minta diajarkan, bisa saja, ada yang mau datang bertiga dari berbagai denominasi mau tahu cara gunakan Ipad untuk pendeta, ya boleh saja belajar.

Tetapi untuk anda, saya juga akan mengajari anda via komentar anda di artikel ini dengan bayar, sekali anda bertanya, anda dikenakan charge berupa “Menambah Doa 5 menit hari ini untuk kemajuan GSJA”, Tuhan memberkati!

Artikel oleh: October 16, 2010  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

4 Komentar

  1. Yusuf Eko Widiarto - October 16, 2010

    Setuju Pak BS! Iptek so pasti berguna untuk pelayanan. Saya juga ingin punya!
    “Jika kita bisa memanfaatkan teknologi modern, maka dapat memberikan manfaat untuk pelayanan kita”.

  2. BPD GSJA Banten - October 16, 2010

    Bagus jika setiap Pendeta yang memilikinya dan memanfaatkan untuk kemajuan opelayanannya

  3. Arnold Pinontoan - October 17, 2010

    Bagi Anda yg kepingin membeli IPad, saya bisa membantu membelikannya. mumpung saya berdomisili di Australia.
    yg belum bisa membeli sekarang ini, mulailah menabung. kongres tahun depan anda bis ber’gaya’ dengan IPAd.
    Kalau GSJA mau maju, Pendetanya harus ‘maju’ duluan…….

  4. raymond - October 21, 2010

    kalau dari penjelasan pak BS, IPAD memang sangat berguna karena bisa
    dimanfaatkan dalam banyak hal (saya juga mau). namun yang menjadi
    persoalan sekarang banyak hamba Tuhan yang tidak terlalu peduli dalam hal
    memanfaatkan teknologi untuk dunia pelayanan. buktinya masih banyak gereja
    yang komputer saja tidak punya…Jadi bagaimana pendeta2/gereja mau
    gunakan IPAD dengan touhcscreennya kalau komputer dekstop saja tidak
    punya…???

Tulis Komentar Anda