Jangan Melawan Allah!

Bacaan Alkitab: Yehezkiel 25 – 29

“Aku akan melakukan pembalasan yang kejam terhadap mereka disertai penghajaran-penghajaran kemarahan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada waktu Aku melakukan pembalasan-Ku terhadap mereka.”  (Yehezkiel 25 : 17)

tulah Tuhan

Sebelum mengajarkan nubuatnya mengenai pemulihan, Yehezkiel menyisipkan nubuat melawan musuh-musuh Israel yaitu bangsa-bangsa menjadi musuh Israel; bahwa semua negeri yang bermusuhan dengan Israel harus diruntuhkan lebih dahulu sebelum Israel dapat dipulihkan kembali dan semakin jaya.

Pasal-pasal ini berisi nubuat-nubuat tentang tujuh bangsa yang bermusuhan dengan umat Allah, yaitu;

  • Amon, pada saat kejatuhan Yerusalem, mereka merebut kota-kota Israel (Yer 49:1-2) dan merekapun bersukacita karena Yerusalem mengalami kesesakan (25 : 3, 6).
  •  Moab, mereka tinggi hati dan memberontak terhadap Allah dan mengolok-olok Israel (Yer 48:25-26); mereka merampok orang Yahudi (Zef 2:8); mereka menghina kedudukan Israel (25:8).
  • Edom, mereka dendam dan sangat membenci serta memusuhi Israel serta senang melihat kecelakaan Israel.
  • Filistin, sama seperti prilaku Edom terhadap Israel.
  • Tirus, mereka bersukacita atas kejatuhan Israel. Apalagi, dia merasa bahwa Israel adalah satu-satunya saingan terberatnya dalam perdagangan, jadi dengan jatuhnya Israel maka ia merasa dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi.
  • Sidon, bangsa lain yang turut dimusnahkan karena berlaku jahat dimata Allah seperti bangsa lain yang menjadi tetangganya.
  • Mesir,  mereka dihukum karena menjadi kekuatan dunia yang memuja banyak dewa dan dengan angkuhnya menyombongkan kekuatannya para dewanya.

Nubuat-nubuat tersebut merupakan pernyataan Allah bahwa semua bangsa pada akhirnya harus bertanggungjawab kepada Allah dan bahwa kekuatan-kekuatan dunia tidak pernah akan merusak rencana keselamatan Allah.  Sekalipun kekuatan-kekuatan jahat di dunia ini kadang-kadang kelihatannya menang, saatnya akan tiba manakala Allah akan menghukum semua yang berbuat kejahatan, memusnahkan bangsa-bangsa yang jahat, dan umat-Nya yang setia akan menerima keselamatan yang sempurna dan kekal.

Siapapun yang berani melawan Allah, maka pada saatnya nanti, hukuman Allah dinyatakan atas mereka. 

Artikel oleh: March 20, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Ezekiel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yehezkiel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda