Bertumbuh Karena Iman

Bacaan Alkitab: Mazmur 119

“Aku menaikkan tanganku kepada perintah-perintah-Mu yang kucintai, dan aku hendak merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu”. (Maz 119 : 48)

 

Mazmur 119 merupakan mazmur yang terpanjang, yang merupakan kumpulan dari puisi yang memuji-muji Taurat atau Firman Allah. Ada delapan kata untuk Taurat dalam mazmur ini, yakni: jalan, hukum, ketetapan, perintah, ketentuan, perkataan-perkataan, firman dan titah. Mazmur ini mengungkapkan kepercayaan kepada Firman Allah yang diberikan kepada umat-Nya dalam berbagai keadaan.  Merupakan mazmur yang  mewakili semua orang yang menyadari keterbatasannya dan dengan cukup bijaksana memohon terang dan kekuatan Allah.

Pemazmur mengakui dirinya sebagai manusia yang punya banyak keterbatasan, dan hanya Tuhanlah satu-satunya yang tak terbatas.  Maka si pemazmur mengungkapkan kasih dan kepercayaannya yang mendalam dengan membaca dan merenungkan Firman Allah.  Ia menyadari bahwa Firman Allah itu merupakan janji, perintah, pedoman, kesaksian, ajaran, hikmat, kebenaran, keadilan dan teguran yang disajikan dalam bentuk penghiburan, perlindungan, patokan hidup, kebahagiaan dan sumber jawaban atas segala kebutuhan.  Pemazmur mengajarkan bahwa kita akan semakin bertumbuh dalam kebenaran-Nya bila kasih kita terhadap Firman itu bertumbuh dalam diri kita.

Kita mungkin berkata: “Ah, tanpa Firman dalam hidup saya, saya sudah cukup berbahagia kok!”  Tetapi coba renungkan baik-baik, sungguhkah hidup Anda sudah mengalami kebahagiaan yang sejati, berkat yang sejati dan kelimpahan yang sejati?  Berkat, kelimpahan dan kebahagiaan sejati tidak bisa hanya diukur dengan kelimpahan materi yang kita miliki.  Sekali kita menggantungkan kebahagiaan melalui uang atau materi, maka kita pasti kecewa dan tak akan mengalami “bahagia sejati” itu. Karena sesungguhnya, kebahagiaan sejati itu hanya didapatkan ketika kita tinggal dalam Kristus, hidup dalam kasih-Nya dan berpaut dengan Tuhan selama-lamanya. Untuk hidup berpaut dengan Tuhan, maka kita hanya perlu melakukan satu hal, yaitu: merenungkan dan menaati Firman dalam segala aspek hidup kita.

Untuk dapat maksimal bertumbuh secara rohani maka orang percaya perlu mengkonsumsi Firman Allah sebagai makanan rohani tiap hari.

Artikel oleh: November 19, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda