Tetaplah Kudus!

Bacaan Alkitab: Yosua 5

“Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus” (Yosua 5 : 15)

Pada ayat-ayat awal dalam pasal 5 ini mengisahkan tentang Yosua mempersiapkan bangsa yang dipimpinnya dengan “sunat”, kemudian dilanjutkan dengan sebuah kisah dimana Yosua sendiri sebagai pemimpin didatangi oleh utusan Tuhan (ay 13 –15), yaitu panglima balatentara Tuhan. Siapakah panglima balatentara Tuhan itu?В  Panglima balatentara Tuhan itu tidak lain adalah malaikat Tuhan, suatu perwujudan ilahi dalam bentuk seorang laki-laki dengan pedang yang terhunus di tangannya.В  Sebetulnya, ia bukan hanya malaikat Tuhan tetapi mungkin TUHAN sendiri yang dalam hal ini mau menyatakan kehadiran-Nya di tengah-tengah umat-Nya. Oleh sebab itu Yosua tidak perlu ragu, bimbang atau pun takut sebab Tuhan telah datang dan akan menyerahkan Yerikho ke tangan Yosua dan bangsa Israel.

Setelah Yosua sadar akan kehadiran Tuhan, ia pun segera sujud menyembah “Orang itu” sambil berkata, “Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?” (ay.14b). Maka panglima balatentara Tuhan itu pun menjawab, “Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus.” Perkataan ini mengingatkan kita pada perjumpaan Musa dengan Allah di atas gunung Horeb. Ketika Musa ingin memeriksa semak duri yang menyala tetapi tidak dimakan api, ada suara yang menyatakan, “Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus” (Kel.3:5). Kekudusan suatu tempat bukan karena tempat itu sendiri atau fenomena alam yang ada di sekitarnya. Tetapi tempat itu “kudus” karena Tuhan menampakkan diri-Nya di situ.

Setiap orang yang ingin berjumpa dengan Allah yang Maha Kudus, haruslah terlebih dahulu menguduskan dirinya. Dalam gambaran kisah di atas, baik Musa maupun Yosua harus “menanggalkan” kasutnya. Kita pun bila ingin berjumpa dengan Allah Bapa di sorga, kita harus disucikan oleh darah Anak Domba Allah yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Jagalah hati dan hidup kita agar tetap bersih dan kudus dihadapan TuhanВ  dan bebas dari segala virus-virus dosa yang hanya mematikan iman kita.

Artikel oleh: October 16, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Joshua (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yosua)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda