Tetaplah Taat!

Bacaan Alkitab: Yosua 6

“Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu.” (Yosua 6 : 20)

Pembacaan hari ini menceritakan tentang jatuhnya kota Yerikho. Kisah ini mejadi salah satu kisah Alkitab yang sangat menakjubkan seperti dongeng 1001 malam. Tembok Yerikho runtuh bukan karena digempur dengan kekuatan manusia, tetapi oleh kuasa Tuhan sendiri.В  Ini adalah penggenapan janji Tuhan kepada bangsa Israel seperti yang dia sampaikan kepada Yosua, “Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.” (Yosua 6:2).

Janji Tuhan selalu ditepati, tidak seperti manusia yang seringkali ingkar terhadap janjinya.В  Namun proses penggenapannya sangat tidak masuk akal dan benar-benar di luar logika manusia. Mungkin kita berpikir bahwa Tuhan akan mengerahkan ribuan malaikat untuk menggempur tembok Yerikho supaya runtuh, atau seperti ketika Dia membumihanguskan kota Sodom dan Gomora. Tapi tidak demikian kejadiannya.В  Maka benarlah perkataanNya, “Rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” (Yesaya 55:8-9).

Jalan Tuhan tidak terselami oleh pikiran manusia dan cara Tuhan bekerja tidak seperti yang kita bayangkan. Dia bekerja menurut caraNya sendiri. Tuhan memerintahkan bangsa Israel mengelilingi tembok Yerikho selama 7 hari dan di hari ke-7 mereka diharuskan mengelilingi tembok itu 7 kali (ayat 15), akhirnya “Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari lamanya.” (Ibrani 11:30). Ketika mereka melakukan perintah Tuhan, pasti musuh mengolok-olok atau mencemooh mereka, menganggap hal itu perbuatan bodoh. Tetapi bangsa Israel tidak terpengatur sedikit pun atau berhenti di tengah jalan, mereka dengan setia melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan. Karena ketaatan mereka, akhirnya tembok Yerikho hancur dan kota itu bisa ditaklukan dengan caraNya yang ajaib.

Pastikan Anda tetap taat dan menuruti firman Tuhan, maka Anda akan berhasil dan beruntung!

Artikel oleh: October 17, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Joshua (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yosua)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda