Lakukan Yang Benar!

Bacaan Alkitab: 20 – 21

“Kalau orang benar berbalik dari kebenarannya dan melakukan kecurangan sehingga ia mati, ia harus mati karena kecurangan yang dilakukannya. Sebaliknya, kalau orang fasik bertobat dari kefasikan yang dilakukannya dan ia melakukan keadilan dan kebenaran, ia akan menyelamatkan nyawanya”. (Yehezkiel 18 : 26-27)

Kita sering mendengar perkataan, “Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Kalimat ini sudah sering digunakan untuk melegitimasi ketidakdisiplinan kita, atau sifat ‘jam karet’. Kalimat lain, ‘Buat saja apa yang kita mau setiap hari saja, toh ada pengakuan dosa di gereja pada hari minggu’. Kalimat ini pun sudah sering digunakan untuk melegitimasi hobi kita melakukan perbuatan yang salah.  Masih banyak kalimat lainnya, yang sudah dijadikan alat legitimasi. Nah, ternyata itu sudah menjadi semacam pola dalam perilaku beriman kita. Karena kita tahu, Tuhan itu pengasih dan pengampun, dan pasti mengampuni setiap orang yang mengaku dosanya dengan jujur dan tulus, jadi lakukan saja perbuatan dosa, toh nanti juga diampuni Tuhan.

Tetapi ayat bacaan kita menunjukkan bahwa pengampunan dosa itu dikerjakan Tuhan kepada orang yang sejak semulanya fasik, lalu karena mengenal Tuhan, berbalik kepadaNya. Bukan kepada orang-orang yang sudah diselamatkan, atau telah dibenarkan oleh Tuhan, tetapi selalu berulang-ulang berbuat pelanggaran dihadapan Tuhan. Seperti kita tidak suka atau benci jika ditipu, Tuhan juga tidak mau ditipu. Ia juga tidak mau kita berdusta dalam hal apa sekalipun, dan sekecil apa pun.  Allah merindukan agar kita berbalik dari kesalahan dan menikmati hidup dalam kehendak-Nya. Namun, tidak jarang bahwa kita menolak kerinduan hati Allah tersebut, padahal inilah yang seharusnya kita lakukan: Bertobat dan hidup hanya bagi Allah.

Jangan biarkan hidup kita ditipu oleh iblis, sehingga kita lebih condong melakukan apa kata iblis dari pada apa kata Tuhan!

Tetaplah menjadi orang benar, dan lakukanlah yang benar!

Artikel oleh: March 16, 2013   Kategori : Biblical Devotion from Ezekiel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yehezkiel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda