Pameran Benda-Benda Alkitab

Pdt. Erich Unarto, PI GSJA, yang memiliki pelayanan khusus Renungan Harian Manna Sorgawi, mengembangkan dalam 2 tahun terakhir ini pelayanan lain yang dinamakan Museum Benda-Benda Alkitab. Ia mengumpulkan ratusan jenis benda-benda yang ada kaitannya dengan Alkitab atau sejarah Kristen dengan maksud memberikan gambaran lebih jelas tentang sebagian apa yang disebutkan dalam Alkitab. Museum ini adalah yang pertama di Indonesia dan sangat diminati oleh orang-orang Kristen maupun umum.

Bersama tim pelayanannya ia mengadakan beberapa kali pameran di beberapa kota atas undangan baik gereja, Pemda setempat, atau organisasi Kristen. dsb. Berikut adalah penuturannya tentang pameran yang diadakan di Surabaya dan Malang:

Masyarakat Kristen Surabaya dan Malang membanjiri pameran benda-benda Alkitab yang diselenggarakan oleh Renungan Harian Manna Sorgawi dengan dibantu oleh KOMSEL PUAN GSJA CWS Kelapa Gading pimpinan Bp. Amin Windoro. Sedangkan panitia di Surabaya ditangani oleh Gereja Surabaya City Blessing dengan Ibu Yohana sebagai Ketua Panitianya, sedangkan pameran di Malang langsung ditangani oleh Ibu Ninik.

Pameran di Surabaya yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 7 Maret 2010 bertempat di Tunjungan Plaza 3 Lantai VI dibuka oleh Walikota Surabaya Bpk. Bambang DH. Jumlah pengunjung berturut pada hari pertama adalah 1.000, 1.800, 5.724, dan pada hari terakhir dikunjungi oleh 9.374 orang. Pameran tidak saja dikunjungi oleh ribuan siswa SD, SMP dan SMA, tetapi juga oleh hamba-hamba Tuhan dari berbagai gereja.

Pameran benda-benda Alkitab seperti ini memang baru pertama kalinya diadakan di Surabaya. Melihat antusiasme pengunjung yang luar biasa, Bpk. Bambang mengharapkan agar pameran ini dapat dilakukan secara kontinyu setiap tahun. Saking lelahnya petugas dari Jakarta yang berjumlah 33 orang di dalam melayani pengunjung, panitia akhirnya menyediakan tiga tukang urut kaki yang bertugas dari jam 13.00 hingga jam 19.00 untuk menservis para petugas jaga.

Pameran di Malang yang diadakan pada tanggal 10-11 Maret 2010 dan bertempat di Gedung Skodam V, juga tidak kalah serunya, jumlah pengunjung hari pertama 2.100 orang dan hari terakhir melonjak menjadi 4.795 orang. Melihat anak-anak yang dengan antusias yang besar mencatat semua apa yang mereka lihat, sungguh membesarkan hati.


Dari berbagai tanggapan yang dikumpulkan oleh pihak panitia, nampaknya tujuan pameran telah tercapai, yaitu agar umat kristiani dapat melihat secara langsung benda-benda yang disebutkan di dalam Alkitab sehingga pemahaman mereka akan semakin baik. Benda-benda itu seperti biji sesawi, sangkakala, nafiri, kirbat air mata, kirbat anggur, keranjang Musa, batu kilangan, buah ara, paku penyaliban, mahkota duri, pakaian imam besar, perlengkapan senjata Allah, emas-kemenyan-mur, dll.


Artikel oleh: March 24, 2010   Kategori : Artikel  Sebarkan 

Satu komentar

  1. Harry - October 31, 2010

    Yang terkandung dalam kirbat air mata itu air mata siapa?

Tulis Komentar Anda