KITAB DANIEL – Pasal 10-12

a-1

Pasal ini adalah pembukaan dari penglihatan keempat Daniel yang mengisi pasal 10-12. Daniel sudah berusia tua, kemungkinan berusia 70-80 tahun. Tiga penglihatan sebelumnya adalah tentang patung, tentang empat binatang, tentang domba jantan & kambing jantan.

Daniel dalam doa perkabungan selama 3 minggu karena sekalipun Raja Koresh sudah mengijinkan orang Yahudi kembali dan membangun Bait Allah, pada tahun kedua hanya fondasi yang bisa diletakkan, masalahnya adalah orang-orang yang tinggal di Yerusalem menolak kembalinya orang-orang Yahudi di pembuangan (Ezra 4:4-5).

Pasal 10 berisi pengungkapan malaikat Gabriel kepada Daniel bahwa Umat Allah akan menghadapi kesusahan besar (Great Tribulation)a, ay. 14. Penglihatan itu menyebabkan Daniel pingsan. Daniel diberitahukan bahwa Pemimpin Kerajaan persia berdiri menentang malaikat Tuhan (Gabriel). Ini adalah gembaran penting tentang doa orang yang dikasihi Allah. Tetapi ada “Penguasa Persia yaitu kekuatan demonik yang menahan suatu pesan sampai kepada Daniel yang telah berdoa selama 21 hari.

Pasal 11 adalah nubuat terpanjang dalam Alkitab.

  • Nubuat tentang ‘seorang yang hina’ Dan. 11:21 yang adalah ‘tanduk kecil’ dalam Dan. 8:9-11. Itulah Antikristus yang akan memerangi Umat Allah
  • Persekutuan, Dan. 11:22-23
  • Kesusahan Besar, ay. 29-39

Pasal 12 mengungkapkan tentang 3,5 tahun masa Kesusahan Besar di mana sebagian Umat Allah Israel diluputkan yaitu sebanyak mereka yang namanya dituliskan dalam Kitab.Kebangkitan akan terjadi baik terhadap mereka yang akan dihukumkan maupun terhadap mereka yang masuk dalam hidup yang kekal.

Daniel 12:3 “Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.”

PELAJARAN ROHANI DARI PASAL 10,11,12

1. Rencana Allah kadang-kadang dihalangi oleh orang-orang percaya yang lebih dulu mengenal Tuhan karena terlalu memikirkan keamanan diri sendiri dan bukan rencana Tuhan

a. Jadilah orang Kristen dewasa yang selalu memilih rencana Allah dan bukan kenyamanan diri sendiri,

b. “ … tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki,” Mark. 14:36

2. Jangan berhenti berdoa karena peperangan selalu terjadi dalam alam rohani

a. Apa yang kelihatan sederhana, sesungguhnya tidak sesederhana yang kita lihat. Allah berulang kali berperang ganti kita, tanpa kita sadari.

b. “Hidup ini adalah karena kasih karunia Tuhan”

3. Benar atau tidaknya nubuat dan penglihatan akan diukur oleh:

a. Yeremia 23: 25-32 Aku telah mendengar apa yang dikatakan oleh para nabi, yang bernubuat palsu demi nama-Ku dengan mengatakan: Aku telah bermimpi, aku telah bermimpi! …”

b. Ulangan 18:22 “…apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.”

Artikel oleh: September 12, 2009  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda