Tetap Berjuang!

Bacaan Alkitab: 1 Timotius 6: 11 – 21

“Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar didepan banyak saksi” (1 Timotius 6 : 12).

Bukan hanya jemaat yang harus menjaga dirinya dari hal cinta akan uang, tapi Timotius sendiri sebagai manusia Allah juga harus menjauhinya. Hidup Timotius sebagai hamba Allah bukan untuk berlomba mengumpul kan kekayaan materi, tapi berlomba dalam pertandingan iman yang benar untuk merebut hidup yang kekal .

Bertanding dalam pertandingan iman berarti mau menuruti segala perintah dan kebenaran firman Tuhan, serta berjuang dalam perlombaan iman dengan tekun hingga saat Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya. Dan jika ada pertandingan yang diwajibkan untuk semua orang percaya, maka secara khusus diberikan nasehat kepada orang-orang kaya supaya tidak bersandar pada kekayaannya. Mereka yang kaya secara materi sebaliknya harus bisa memanfaatkan kekayaannya sebagai modal untuk pertandingan iman yang diwajibkan, yakni dengan menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi, dan bukan menjadi tinggi hati karena kekayaannya. Dengan demikian orang kaya tersebut mengumpulkan suatu harta untuk hidup diwaktu yang akan datang, untuk mencapai hidup yang sebenarnya. Ada perlombaan jasmani, ada pula perlombaan rohani.

Perlombaan jasmani yang sehat misalnya perlombaan olahraga yang hanya diikuti oleh para atlet. Tapi perlombaan rohani pesertanya adalah semua orang beriman dan itu sifatnya wajib. Sebagai atlet rohani kita juga mempunyai tujuan akhir, yakni menjadi pemenang dan dapat mengakhiri pertandingan dengan baik. Arahkan pandangan ke depan, pada kekekalan. Bertandinglah begitu rupa dalam pertandingan iman yang diwajibkan, bertanding lah dengan tujuan supaya kita tidak sia-sia melakukannya sehingga kita memperoleh mahkota abadi yang telah disediakan (1 Korintus 9:24-26).

Kemenangan adalah milik orang-orang yang berdoa dan yang berjuang!

Artikel oleh: July 27, 2012   Kategori : Biblical Devotion from 1 Timothy (Renungan Alkitabiah dari Kitab 1 Timotius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda