Jangan Berbuat Dosa Lagi

Bacaan Alkitab: Imamat 4

“Apabila seseorang tidak dengan sengaja berbuat dosa dalam sesuatu hal yang dilarang Tuhan…., maka jikalau yang berbuat dosa itu imam yang diurapi, sehingga bangsanya turut bersalah, haruslah ia mempersembahkan kepada Tuhan karena dosa yang telah diperbuatnya itu, seorang lembu jantan muda yang tidak bercela sebagai korban penghapus dosa”
(Imamat 4 : 2)

 

Jika seorang imam yang diurapi berbuat dosa, sehingga bangsanya turut bersalah, maka ia harus mengambil seekor lembu jantan muda yang tidak bercela dan mempersembahkannya sebagai korban penghapus dosa. Ia harus menumpangkan tangannya pada kepala persembahannya itu, menyembelihnya di hadapan Tuhan, dan membakarnya di mezbah sebagai korban bakaran menurut hukum upacara.

Kesadaran akan dosa yang tidak disengaja merupakan hal yang dialami oleh orang percaya, baik yang lama maupun baru. Begitu dosa yang seperti itu disadari, penting bagi kita untuk mengakui dosa itu dan menerima pengampunan.

Apakah hari ini Anda memiliki dosa yang Anda sadari, dan Anda perlu mengakui serta bertobat darinya? Demikian pula, dosa yang dilakukan Imam Besar bukanlah suatu masalah pribadi. Begitu pula, meskipun para pemimpin Kristen sekarang tidak memiliki fungsi yang sama sebagai Imam Besar, kesalahan mereka diketahui umum dan memiliki efek terhadap masyarakat Kristen. Ini mendesak kita akan pentingnya berdoa bagi para pemimpin kita.

Jika segenap umat Israel berbuat dosa secara tidak sengaja terhadap perintah Tuhan dan ketahuan, maka segenap jemaah itu haruslah mempersembahkan seekor lembu jantan muda sebagai korban penebus dosa. Jika salah seorang pemuka berbuat dosa secara tidak sengaja dan ketahuan, ia harus mempersembahkan seekor kambing jantan yang tidak bercela sebagai korban penebus dosa.

Kita sekarang adalah imamat rajani. Sebagaimana Israel dipanggil untuk menjadi kudus bagi Tuhan dan melayani sebagai saksi, amanat itu sekarang diberikan kepada kita, gereja-Nya. Karena itu, kita harus berjaga-jaga sehingga kita tidak tersesat, dan menjauh dari Tuhan.

Pastikah hari ini Anda menyadari kesalahan dan dosa yang Anda lakukan dan jangan berbuat dosa lagi!

Artikel oleh: November 14, 2011   Kategori : Biblical Devotion from Leviticus (Renungan Alkitabiah dari Kitab Imamat)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda