Tetaplah Sabar!

Tetaplah Sabar

 “Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!” (Yakobus 5 : 8)

 

Tidak ada manusia yang akan tahan menghadapi kesusahan ataupun penderitaan.  Ada banyak orang yang kehilangan kesabaran ketika menghadapi kesulitan hidup. Ada yang kemudian mengambil jalan pintas, ada yang nekad, putus asa ataupun mundur dari Tuhan.  Tetapi apakah Tuhan menghendaki itu terjadi dalam kehidupan kita?  Tentunya tidak!  Tuhan mau kita tetap bertahan dan bersabar dalam segala keadaan, senang maupun susah, sebab cobaan hidup ataupun ujian iman itu ada masanya, batas waktunya dan tingkatnya.  Artinya, tidak untuk selama-lamanya kita harus diperhadapkan dengan masalah yang berat itu, pasti ada akhirnya.  Kalaupun kita mengalaminya, itu berarti atas seijin Tuhan dan Dia pun tahu bahwa kita sanggup menghadapinya.

Tuhan tidak akan membiarkan umat-Nya yang berseru dan meminta tolong kepada-Nya.  Tuhan pasti akan datang menolong dan melawat umat-Nya yang tetap bersabar dan bertahan menantikan Dia.  Sama seperti petani yang harus bekerja dengan sabar dan tekun pada waktu menabur benih; ia menahan lapar, berpeluh serta bermandi keringat menahan panas teriknya matahari, namun segala jerih lelahnya akan terobati ketika ia bersabar menunggu sampai panennya tiba.  Demikian juga dengan kita, ada hasil yang akan kita dapatkan jika kita tetap bersabar dalam menantikan lawatan Tuhan. Ketika masalah itu datang, kita perlu mengatakan kepada jiwa kita, “Bersabar dan bertahanlah. Cobaan ini tidak akan lama. Jangan berputus asa, pertolongan Tuhan pasti ada”.

Ada satu kebiasaan buruk yang seringkali menghinggapi hati manusia ketika mengalami kesulitan hidup yaitu bersungut-sungut (ay 9).  Bersungut-sungut dan saling mempersalahkan adalah tipu daya yang dipakai iblis untuk menye-rang kita. Iblis suka sekali mengadu domba kita, karena dia tahu bahwa itulah cara yang tepat untuk menghancurkan kita.  Tetapi orang yang bersabar pasti memetik hasilnya seperti yang dialami oleh Ayub (ay 11).  Makanya, sebagai orang beriman kita harus tetap bersabar dan berharap pada Tuhan sampai Dia menyatakan kuasa-Nya atas kita.

 

Ingatlah bahwa kuasa dan kekuatan Tuhan itu nyata bagi orang yang tetap bersabar.

 

Artikel oleh: April 10, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from James (Renungan Alkitabiah dar Kitab Yakobus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda