Beban Untuk Negeri

Bacaan Alkitab: Ezra 7: 1 – 28

“Maka aku menguatkan hatiku, karena tangan TUHAN, Allahku, melindungi aku dan aku menghimpunkan dari antara orang Israel beberapa pemimpin untuk berangkat pulang bersama-sama aku.”  (Ezra 7 : 28b)

Setiap orang percaya dipanggil untuk melayani Dia dan menjadi berkat bagi orang disekelilingnya dan memuliakan nama Allah dalam segala aspek kehidupan orang percaya. Termasuk juga kita harus juga menjadi berkat bagi bangsa kita.

Seringkali kita lebih mudah mengkritik kesalahan dari bangsa kita daripada ambil bagian dalam pemulihan negara kita. Kita sering kali menempatkan diri kita sebagai seorang komentator sebuah pertandingan sepak bola. Kita begitu gencar dan semangat ketika mengomentari setiap pemain sepak bola ketika mereka menendang bola, mengumpan, memasukkan goal, bahkan ketika mereka melakukan sebuah kesalahan. Kita bahkan menyalahkan pemain tersebut, dan mengatakan bahwa seharusnya tidak demikian harusnya memakai pola tertentu dan komentar-komentar yang mengkriktik lainnya. Padahal jika kita ditempatkan pada lapangan sesungguhnya, pastilah kita tidak bisa berbuat lebih baik, bahkan menendang bola dengan benar pun kita tidak bisa.  Biarlah kita mengikuti teladan Ezra yang perduli akan bangsanya. Ia menguatkan hatinya dan memimpin rakyat Israel untuk kembali ke negerinya dan membangun kembali negerinya tersebut.

Saat ini pun Tuhan tantang setiap kita untuk berbuat sesuatu bagi negeri kita. Sehingga kita bukan hanya bertindak sebagai seseorang yang pandai bicara dan mengritik negara kita saja, tetapi berbuat sesuatu untuk kedamaian negeri kita tercinta ini. Jika saudara kerja di pemerintahan, berikan yang terbaik dan bekerjalah secara jujur, dengan demikian saudara bisa jadi berkat. Banyak hal yang bisa kita lakukan bagi negeri kita sebagai warga negara yang baik. Sudah selayaknya kita memikul beban tanggung jawab untuk negeri ini dan berdoa lebih sungguh lagi bagi keselamatan dan pemulihan bangsa ini.

Biarlah kita diingatkan akan panggilan kita, bukan hanya melayani Allah saja, tetapi juga berbuat yang terbaik bagi negara kita. Berdoalah bagi kesejahteraan bangsa kita tercinta.

Allah memanggil setiap orang percaya sebagai terang bagi negerinya!

Artikel oleh: August 18, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ezra (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ezra)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda