GSJA Indonesia

Info Organisasi

Informasi organisasi adalah sama dengan apa yang dilaporkan kepada Kantor Departemen Agama RI (Kantor Dirjen Bimas Kristen)

Nama Induk Organisasi :

GEREJA SIDANG-SIDANG JEMAAT ALLAH DI INDONESIA

Disingkat GSSJA di Indonesia (untuk nama organisasi)

Disingkat GSJA (untuk penyebutan sebuah gereja lokal)

Alamat Lengkap :

Jl. Senen Raya 46, JAKARTA 10410

Telp. 021-3807454 (3807455)

Fax 021-3843200

Email: bpp@gsja.org atau mulyanto_antonius@yahoo.com (Sekretaris Umum)

Website: www.gsja.org

Susunan Pengurus (Periode 2011-2016) :

Ketua Umum : Pdt. Izaac Kaihatu

Wakil Ketua Umum : Pdt. Yulianus Manuhutu

Sekretaris Umum : Pdt. Antonius Mulyanto

Bendahara Umum : Pdt. Gatut Budiono

Komisaris Umum : Pdt. Jack Lumanauw

Dasar Hukum Pendaftaran: Ditjen Bimas Kristen Departemen Agama RI

a. Nomor SK : 74 tahun 1988

b. Tanggal SK : 10 Maret 1988

c. Masa Berlaku SK : Jangka Waktu Tidak Terbatas

Aliran Organisasi: PENTAKOSTA

Badan-Badan/Yayasan/Lembaga yang dimiliki :

  • Sosial Keagamaan: tidak ada
  • Pendidikan: 13 Sekolah Alkitab
  • Lain-lain: Penerbit Gandum Mas – Malang

Waktu Perintisan:

Gereja ini adalah kelanjutan dari “Bethel Indies Zending” yang diakui oleh yang berwajib pada tanggal 4 April 1941 dan kemudian namanya diubah menjadi “The Assemblies of God in Indonesia” yang disahkan oleh Departemen Kehakiman Republik Indonesia pada tanggal 10 Februari 1951 dengan Badan Hukum Nomor Y.A. 8/11/16 untuk jangka waktu tidak tentu.

Pendiri & Pengurus Awal

1. Pendiri adalah para misionaris Amerika Serikat bernama: Kenneth G. Short, Ralph M. Devin, Raymond Arthur Busby

2. Pengurus Awal (sebelum pindah ke pendeta nasional pada tahun 1959) adalah:

* Ketua Umum : Pdt. Ralp. Mitchell Devin
* Wakil Ketua Umum : Raymond Arthur Busby
* Sekretaris Umum : Leonard Lanphear

Pada tahun 1959 Ketua Umum yang berasal dari pendeta nasional untuk pertama kalinya dipilih: Pdt. Soemardi Stefanus

3. Visi dan Misi Pelayanan

4. Misi: memberitakan Injil Tuhan Yesus Kristus dan mendirikan Sidang Jemaat-Nya berdasarkan Alkitab

5. Visi sampai tahun 2011: to open three hundred new city churches, to open twelve hundred new rural churches and to open twenty thousand cellgroups

Bentuk Pemerintahan Gereja

GSSJA di Indonesia (GSJA) mengadopsi gabungan antara bentuk Sinodal/Presbyterian dan bentuk Kongregasional:

Pada bentuk sinodalnya:

1. Terjadi pengangkatan seorang pendeta oleh sebuah otoritas organisasi di atasnya

2. Organisasi dapat memindahkan dan memberhentikan pendeta melalui jalur BPP – BPD

3. Adanya gereja berstatus Madya dan Pratama yang berada di bawah otoritas Badan Pengurus Daerah

Pada bentuk Kongregasionalnya:

1. Adanya gereja lokal berstatus pembina yang memiliki otoritas yang kuat di mana gereja lokal menyokong dan memilih pendetanya dan menjalankan pemerintahannya sendiri berdasarkan Peraturan rumah Tangga mereka

2. Adanya Majelis Gereja yang menjadi otoritas dalam gereja.

Hubungan Gereja Ini dengan GSJA Dunia (World Assemblies of God Fellowship)

Gereja Sidang Jemaat Allah adalah bagian dari Persekutuan Assemblies of od in the World (WAGF) yang adalah denominasi Pentakosta terbesar di dunia. Berdasarkan laporan WAGF di Portugal, GSJA dunia memiliki anggota sebanyak lebih dari 64 juta orang, di 140 negara, dengan 330.000 pelayan Injil, dan 310.000 gereja di seluruh dunia (Afrika, Asia Pacific, Eurasia, Eropah, Amerika, Amerika Latin, Karibia dan Asia bagian utara). Di Afrika sendiri terdapat sekitar 12 juta anggota, di Brazil sekitar 14-16 juta anggota, di Amerika Serikat sekitar 2,2 juta orang.

41 Komentar

  1. Yusuf Eko Widiarto - October 16, 2010

    Shalom BPP,
    Apakah GSJA di Indonesia memiliki Sertifikat Akte Pendirian Gereja ini.
    Ini salah satu syarat ketika Gereja Lokal mau membuka Rekening Bank di BCA.
    Jika ada Sertifikat Akte Pendirian GSJA,apakah boleh minta fotocoppy-nya? Agar syarat membuka rekening bank atas nama Gereja (GSJA) bisa terpenuhi. Tks.Gbu

  2. Budi Setiawan - October 16, 2010

    Yang disebut Akta Pendirian Gereja Ini sebenarnya ada di tata gereja, tergantung Notarisnya mau pakai itu atau tidak, tetapi BPP sudah menyiapkan lembaran buku khusus untuk akta pendirian, jadi silahkan hubungi bu Susi, 021-3807454, gbu

  3. Samuel H - October 20, 2010

    Sama seperti Asset tak bergerak perlu memakai nama organisasi, demikian halnya dengan uang.
    Ini baik bagi Gereja Lokal maupun Pendeta ybs. Membuka rekening di BCA atau bank lain memakai nama organisasi GSJA.. surat-surat yang ada sekarang perlu ditambahkan (data dari pihak BCA/bagian legal):
    1. NPWP an. Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah di Indonesia
    2. Akta Notariil untuk pergantian nama dari The Assemblies of God in Indonesia ke Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah di Indonesia
    3. Akta/Peraturan yang bisa menjelaskan aturan/tata pelaksanaan gereja tsb dalam kegiatan operasional seperti pembukaan rekening.
    Mengingat pentingnya hal ini, kiranya pihak BPP dapat memproses kelengkapan ini segera, agar GSJA yang akan membuka rekening bank an GSJA … tidak ditolak.
    Terima kasih, kiranya masukan ini berguna dan mendapat respon yang baik.

  4. Gerson - November 26, 2010

    Syalom……
    Saya mau tanya tema natal nasional RI tahun ini apa ya???
    Trims, GBU

  5. peter - June 22, 2011

    bagaimana dan dimana kita dapat mengakses Tata gereja dan Peraturan Pelaksanaan GSJA Tahun 2003???

  6. agustina sipahutar - July 17, 2011

    bisa kirim alamat GSJA yg ada diSidoarjo nggak??…soalnya kami pindahan dari Medan ke Sidoarjo ..tp mau cari alamat gereja GSJA disana..kami tidak bisa menemukannya…trimakasih..GBU

  7. venny - September 3, 2011

    kami hendak membuat suatu perkumpulan/ fellowship doa yg di bawah naungan gsja, apa aja syaratnya? Karena gembala kami akan diambil dari pendeta gsja, apakah persekutuan ini bisa diresmikan oleh gsja? Mohon tanggapannya.
    Terima kasih

  8. Antonius Mulyanto - September 3, 2011

    Di setiap daerah ada Badan Pengurus Daerah, sehingga yang terbaik bagi siapa pun yang ingin membuka gereja baru adalah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan BPD setempat. Tuhan memberkati.

  9. Gokmen pasaribu - September 9, 2011

    Syalom pak pdt Mulyanto, kami sudah 4 tahun buka Paud di lokasi gereja, kami mengharapkan paud bisa masuk dalam program pengembangan gsja di indonesia. By.pdt G pasaribu

  10. Antonius Mulyanto - September 10, 2011

    Saya belum dapat menjawab sebagai BPP karena belum dirapatkan. Secara pribadi, BPP hanya dapat membantu PAUD di satu gereja lokal jika sudah memiliki kemampuan untuk membantu pengembangan PAUD di 24 daerah, sehingga dapat menjadi bagian dari Prokernas. Kalau dalam rapat BPP ada pembahasan, nanti saya beri kabar lagi. Tuhan memberkati dan maju terus.

  11. sonang pardede - September 14, 2011

    BPP U/p Dep.Pendidikan Nasional harusnya sdh memikirkan pengembangan pendidikan bukan hanya di bid. Theologia tapi sekuler utk peningkat SDM; pemberdayaan jemaat; di daerah/wilayah tertentu para guru & guru agama org kristen terpaksa diajar guru agama lain; Methodis,HKBP, Katholik,Kalam Kudus berkembang melalui sarana misi pendidikan dari TK/SD/SMP/SMA/hingga universitas; GSJA sdh tua tp gerakan pendidikan oleh BPP/BPD hanya sektor Theologia; kita terlambat betul namun mari kita mulai; semoga BPP 2011-2016 dpt mempertimbangkan dan merealisasikan segera.

  12. Jery Adoe - September 15, 2011

    Saya setuju dengan Pak Pardede sudah saatnya bukan hanya bidang teologia tapi pendidikan umum juga. Saya teringat Firman Tuhan tentang Sadrak, Mesak dan abednego juga orang pintar yang memberi dampak luar biasa bagi kemuliaan nama Tuhan. Sudah saatnya muncul bukan hanya Pendeta-pendeta besar namun ilmuwan dan para intelek dari anak anak Tuhan khusus dari GSJA. GBU

  13. Christian Koraag - October 7, 2011

    syalom, kami dari sidang perintisan di wilayah SULUT 2 Gorontalo hendak mengadakan peneguhan gambala sidang sekalian penggantungan papan nama gereja. kira2 berdasarkan aturan organisasi, kami sebaiknya menulis dengan format seperti apa? mungkin bisa diberikan contoh penulisan papan nama gerejanya. Mohon dapat dikomentari secepatnya. terima kasih

  14. Antonius Mulyanto - October 7, 2011

    Salah satu contohnya adalah logo dan tulisan yang ada di front page website ini, tapi ukurannya disesuaikan dengan plang namanya. Trims.

  15. Yusuf Eko Widiarto - October 10, 2011

    Shalom BPP,
    1). Apakah Departemen DOA Nasional (DDN)di BPP akan secara struktur juga akan ada di Daerah-daerah (BPD)? jika yach, berarti akan ada perubahan/revisi sedikit di tata gereja & pp GSJA yang disahkan/direvisi kongres 8-12 Agustus 2011 lalu di Surabaya?
    2).Usulan untuk merampingkan Departemen Nasional yaitu Departemen Pendidikan Pelayan Injil dan LitBang dijadikan satu saja menjadi Departemen Pendidikan, Teologia dan LitBang (jadi satu) sebab selama ini LitBang (khan yang lebih aktif bagian pendataan itupun untuk per 1 atau 4 tahun sekali) sedangkan Teologia bisa buat kajian teologia atau pandangan GSJA /pena gembala GSJA tentang hal yang uptodate agar jemaat GSJA bisa bersikap baik kasus teologia maupun non-teologia. Sedangkan bagian pendidikan bisa mengurusi Pendidikan Umum yang sedang dikembangkan oleh beberapa GSJA lokal seperti Bandengan Selatan (Pancaran Berkat), dll. Siapa tahu GSJA bisa dirikan Sekolah Tinggi (Umum) atau Akademi (Umum) seperti sinode lainnya.
    Terimakasih.Tuhan memberkati BPP

  16. Christian Koraag - October 11, 2011

    Wah.. terima kasih banyak pak Sekum. Tuhan berkati

  17. Antonius Mulyanto - October 11, 2011

    Pak Eko, tata gereja dan peraturan pelaksanaan tidak perlu diubah karena hanya menyatakan bahwa BPD membentuk daerah dan wilayah sesuai kebutuhan dan kondisi di daerah. Mengenai Departemen Litbang, fungsi kajian teologisnya memang akan dipercayakan kepada DPPI tapi fungsi pendataannya lebih baik ditempatkan di bawah sekum. Trims.

  18. Christian Koraag - October 25, 2011

    Syalom,
    pak kami dari perintisan di SULUT 2 & Gorontalo, saya mau tanya mengenai program misi nasional: gereja perkotaan dan non perkotaan. itu modelnya kayak gimana ya?
    Gereja kami masih sedang membangun dan harapan kami bisa menyesuaikan dengan ProMiNas sehubungan dengan gaya ibadahnya atau pendekatan pelayanan yang dimaksud. terima kasih

  19. Antonius Mulyanto - October 26, 2011

    Modelnya saat ini disesuaikan dulu saja dengan sumber daya yang ada. Yang penting, model pelayanannya efektif untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang jadi target pelayanannya. Pada waktunya akan ada Juklan BPP yg harap saja dapat

      dibagikan kepada semua PI GSJA.
  20. Antonius Mulyanto - November 15, 2011

    Mulailah dari gereja lokal masing-masing. Makasimalkan sumber daya yang ada di dalam jemaat.

  21. gokmen pasarbu - February 3, 2012

    Betul yang dikatakan pdt Sonang Pardede itu, kita GSJA ini nampaknya agak ketinggalan jaman. maaf kalau saya terlalu terburu-buru mengatakan itu, soalnya dari Tahun 60 an kakek, orangtua sampai sekarang saya sudah GSJA, tidak ada program membuka sekolah umum seperti KB, TK, SD, SMP, SMA, sehingga jemaat yang memiliki potensi tidak dapat menyalurkannya di gsja.

  22. Antonius Mulyanto - February 8, 2012

    Dalam rapat Majelis Pusatdi bulan J?anuari 2012 yang lalu, MP telah menugaskan BPP untuk membentuk pansus pendidikan sekolah umum. Mari doakan supaya ini menjadi titik awal yang baik. Mari belajar untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sebaik-baiknya. Pansus yg akan dibentuk ini pada tahap awal akan memprioritaskan pengembangan konsep yang terlebnih dahulu. Pada tahap ini kalau ada gembala yang berbeban untuk mengembangkan pendidikan sekolah umum di gerejanya, maksimalkan sumber daya gereja lokal yang ada untuk mengembangkannya. Kalau sudah ada konsep nasional, barulah akan disosialisasikan dan disinergikan.

  23. Wita - March 9, 2012

    syalom pa….mau tanya nih…bagaimana pandangan gereja terhadap adanya pendapat bahwa kata Allah yang kita kenal dan akui adalah Pencipta, itu merupakan milik dari umat Islam, karena kalau bapak sudah pernah ke Israel, ungkapan yang dipakai untuk nama pencipta bukanlah Allah tetapi YHWH (Yahwe)atau Elohim… apakah kosakata ini akan mempengaruhinya…sementara kita tahu bahwa nama itu tidak bisa diganti ??? seperti nama bapak apakah mau kalau di Indonesia nama nya Udin lalu di orang luar negeri memanggilnya Dino … ? terima kasih.

  24. Antonius Mulyanto - March 16, 2012

    Seorang jemaat bertanya:

    KELUARAN 23 : 13 Dalam segala hal yg Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas, nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu.

    Ayat inilah yg selalu digunakan oleh penganut faham ???? , yang mengatakan orang kristen telah salah menyembah karena yg harus disembah itu hanyalah YHWH atau nama mesiasnya YASHUA. Kita tidak oleh menyebut nama ALLAH atau YESUS, gereja yg menyebut dan menyembah ALLAH atau YESUS adalah sesat, karena nama ALLAH atau YESUS sama seperti nama allah lain sebagaimana nas tsb diatas. Mohon penjelasan alkitabiah mengenai ayat tsb dari gembala sebagai pedoman kita.

    Saya menjawabnya begini:

    Kel 23:13 ditujukan kpd bangsa Israel yg dikelilingi oleh banyak bangsa politheistik yg menyembah banyak dewa-dewi, seperti Baal, Molokh, dll. Mereka sedang diajar untuk mengenal satu-satu nya Allah yang benar dengan nama diri YHWH. Akan tetapi, orang Israel sendiri tidak pernah menyebut nama diri tersebut. Dengan sikap yang penuh hormat mereka selalu menggantinya dengan panggilan ADONAI yang berati Tuhanku. Dalam berbagai kesempatan, kebesaran Allah yang Benar itu diperkenalkan melalui berbagai sebutan yg lebih spesifik, seperti El-Shaday, El-Roi dan yang paling umum Elohim. Berbagai sebutan ini memiliki akar kata yang sama dengan sebutan Allah karena bahasa Arab serumpun dengan bahasa Aram yang dipakai bangsa Israel. Tuhan Yesus sendiri tidak pernah memanggil Allah Bapa dengan nama diri YHWH tetapi dengan panggilan Elli – Allahku atau Bapaku. Ketika Tuhan Yesus mengajarkan doa kepada para Rasul, diawali dengan pernyataaan, “Bapa kami”. Penulis Perjanjian tidak pernah memakai nama YHWH, tetapi memakai nama Yunani untuk Allah yaitu KURIOS.
    Semua fakta di atas mengungkapkan beberapa kebenaran penting: 1. Tuhan yang Mahabesar tidak dapat dikotakkan dalam satu panggillan diri. 2. Sebagaimana orang Israel, demikian juga orang Asia dan Indonesia pada umumnya tidak memanggil nama diri orang tua dan nama diri Allah justru karena sangat menghormati beliau. 3. Hubungan yang benar jauh lebih penting dari sebutan yg kita pakai. Jadi, kita dapat memakai sebutan Allah, God, Adonai, Tuhan Yesus, Elohim, El-Shadday, Kurios, dll asalkan hati kita sungguh-sungguh mengenal, mengasihi, dan menaati satu-satunya Allah yang benar. Itu berarti, fanatisme berlebihan terhadap nama diri Allah sama sekali tidak memiliki dasar Alkitabiah, historis maupun sosiologis. Kita tidak perlu bertengakr dengan mereka karena tidak ada gunanya. Lebih baik kita doakan saja supaya mereka lebih dewasa di dalam Tuhan.

  25. daniel budi - March 26, 2012

    Saya mau tanya:
    1. Pada saat suatu gereja lokal sudah memenuhi syarat untuk menjadi gereja pembina, siapa yang mengusulkan gereja ini? Apakah gereja lokal tersebut atau BPD yang mengusulkan?
    2. Seandainya Gereja lokal tersebut tidak bersedia untuk menjadi gereja pembina apakah BPD berhak “memaksa” gereja tersebut untuk menjadi gereja pembina?

  26. Antonius Mulyanto - March 31, 2012

    Secara konstitusional sederhana:
    1. BPD meneliti persyaratan,
    2. BPd menuliskan surat rekomendasi kpd BPP,
    3. BPP mengeluarkan surat keputusan status gereja pembina.
    4. BPD meresmikan di gereja tersebut.

    Akan tetapi, realita di lapangan, penungkatan status dari Madya ke Pembina hanya akan mendatangkan kebaikan jika gembala dan segenap jemaat sudah mencapai kesepakatan bersama untuk memproses dan menjalaninya. Dengan demikian, tidak dilakukan berdasarkan paksaan dari pihak organisasi dari kesadaran, kerelaan, dan kesepakatan gereja lokal yang akan menjalaninya.

  27. Yayat Sutiawan - April 3, 2012

    Saya mantan ketua Majelis salah satu Gereja Baptis di Kalimantan Barat Kabupaten Bengkayang bersama Bapak Gembala dan jemaat yang jumlahnya kurang lebih 200 orang per tanggal 1 April 2012 kami menyatakan bergabung dengan GSJA. GSJA menurut saya Luar Biasa Para pelayan Tuhan-nya Militan siap menerobos pedalaman yang sulit terjangkau. Puji Tuhan…Buat para pelayan Tuhan (Para Pengurus dan Hamba-hamba Tuhan GSJA ) yang selalu siap menjadi berkat buat Indonesia. Salut buat GSJA!!!

  28. alfrits rumbajan - April 4, 2012

    shalom…
    saya mau bertanya….
    jika laporan BPD dan laporan Sidang setempat, tentang penyetoran perpuluhan berbedah dengan selisih puluhan juta. kira-kira apa yg dapat dilakukan oleh sidang setempat atau BPP dalam menyelesaikan masalah ini..? sedangkan sidang setempat sudah melakukan komunikasi secara lisan dan tulisan untuk meminta penjelasan dari BPD tetapi belum ada jawabannya selama hampir 2 tahun ini…..
    mohon pengarahannya….

  29. Pst. Wenas - April 8, 2012

    Dengan segala Hormat,

    Sebelumnya terimakasih atas kesempatan saya boleh menyampaikan beberapa hal disini. Saya Pst. Wenas, Saya Pendeta dari GBI (Gereja Bethel Indonesia) jemaat Trinity dan Pembina Aliansi gereja2 GBI Trinity se-Indonesia.

    Alamat saya di jl. Manyar Kertoadi IV/16 Surabaya
    Telpon saya (031) 7075 7085, Fax. (031) 5911146
    Hape 0838 3048 6388

    Berikut ini adalah Akun & Index tulisan2 saya di Facebook—>

    ### Untuk menikmati Artikel2 lain, Notes, dsb dari Pst.Wenas, Silahkan klik disini—->
    http://www.facebook.com/notes/pst-wenas/notes-index-artikel2-pstwenas-di-facebook/160375227309249

    ### Untuk mempelajari Khotbah2 Pst.Wenas, Silahkan Klik disini—>
    http://www.facebook.com/notes/pst-wenas/sermon-index-daftar-khotbah-pstwenas/227374163942688

    ### Untuk mengikuti Perenungan2 Bisnis Pst.Wenas, Silahkan Klik disini—>
    http://www.facebook.com/notes/pst-wenas/biz-index-daftar-catatan2-bisnis-pstwenas/268534976493273

    Saya hanya ingin bertanya kepada para petinggi GSJA, atau paling tidak kepada Penanggungjawab Website GSJA, mengenai tulisan2 Ev. Andereas Dermawan.

    Apakah Anda tidak pernah membaca & menimbang serta mempelajari tulisan2nya yang sesat??? dan malah memuat sebanyak2nya tulisan2 yang bersangkutan di situs Anda???

    Ev. Andereas Dermawan telah memutarbalikkan injil Kristus melalui tulisan2nya. Alkitab jelas berkata bahwa “Keselamatan hanya ada didalam Yesus Kristus TUHAN” !!!! Namun Ev. Andereas Dermawan menambahkan lagi syarat tsb dengan “HARUS HIDUP MISKIN”, dsb.

    Sebagai situs sebuah Sinode Gereja yang besar & cukup disegani di Indonesia, seharusnya GSJA malu telah memuat tulisan2 ngawur Ev. Andereas Dermawan DI SITUS RESMI GSJA.

    Ev. Andereas Dermawan pun sudah ditegur oleh banyak Pendeta GBI mengenai tulisan2 ngawurnya. Ev. Andereas Dermawan juga telah di-Blokir di banyak Group di Facebook, dsb. Kok malah Website GSJA memuatnya???? Apakah hanya karena asal Copy Paste tanpa memeriksa sama sekali tulisan2nya dia??? Apakah tidak ada satupun pengurus GSJA yang berkompeten memeriksa semua tulisan2 ngauwr itu???

    Jika Anda ingin mengetahui betapa banyak yang menentang pengajaran sesatnya, saya mengundang Anda untuk mengikuti Group Facebook EDEN. Klik disini—>

    http://www.facebook.com/groups/edenofheaven

    Oleh karena itu, saya mohon Anda menurunkan tulisan2 sesat Ev. Andereas Dermawan, atau paling tidak menurunkan terlebih dahulu sebagai tindakan preventif utk kemudian memeriksanya kembali dengan teliti sebelum dimuat.

    Apabila Anda ingin mengetahui lebih details kengawuran Ev. Andereas Dermawan, saya bersedia utk dihubungi.

    Mohon dipertimbangkan sungguh2….

    Dalam KasihNya

    PST.WENAS

  30. Antonius Mulyanto - April 12, 2012

    Selamat bergabung dan selamat bekerja bareng. Tuhan memberkati!

  31. Antonius Mulyanto - April 12, 2012

    Wah ini laporan yang super serius. Jika mau BPP menyediakan waktu untuk membahasnya dalam rapat, mohon menulis surat selengkap mungkin disertai dengan foto copy bukti-bukti yang akurat. Terima kasih.

  32. Antonius Mulyanto - April 12, 2012

    Masukan Saudara kami pertimbangkan dengan sungguh-sungguh. Pada tahap ini, yang terlihat baru perbedaaan pendapat yang lumrah terjadi. Belum ada alasan yang sungnguh-sungguh kuat untuk menurunkan artikel yg dimaksud. Terima kasih.

  33. Andereas Dermawan - April 13, 2012

    Respon saya atas comment Pst Wenas. Saya bertanggung jawab pada majikan saya Tuhan Yesus Kristus! Dan tulisan2 saya saya berani pertanggung jawabkan dalam forum apapun! Demikian respon saya. Tks.

  34. Adwin Wijaya - April 19, 2012

    @Antonius Mulyanto:
    Betul seperti kata PST Wenas (saya juga tergabung dalam group kristen di facebook) … dan saya sering baca artikel2 pak Andereas Dermawan sungguh janggal. Beliau mengatakan, INJIL hanya untuk orang2 miskin saja … sedang org2 yg kaya semua dibenci Tuhan. untuk bisa terima keselamatan maka orang tersebut harus memberikan 50% hartanya dan hidup bersama orang2 miskin (pak Andereas Dermawan dalam hal ini juga BELUM MELAKUKANNYA). Selain itu pak Andereas Dermawan di bbrp group Facebook kristen banyak sekali menghakimi hamba-hamba Tuhan dengan mengata-ngatai mereka sesat, jualan agama, membelokan injil dsb (antara lain hamba2 Tuhan tsb: Pdt Petrus Agung, Pdt Niko, Pdt Alex Abraham bahkan Billy Graham)

    Pak Antonius Mulyanto bisa cek kebenarannya di buku ebook beliau yg judulnya Rahasia Masuk Sorga. Kalo dibaca sekilas isinya emang seperti kotbah2 kristen biasa tapi kalo di baca lebih dalam, teologinya udah ga jelas dan beliau sendiri kalau ditanya suka berputar2 menjawabnya.

  35. Martin Simamora - April 19, 2012

    Shalom….
    Yang Terhormat Sinode GSJA dan khususnya penanggung jawab website http://www.gsja.org.

    Saya salah satu pengamat pasif dari pengajaran-pengajaran yang dipaparkan oleh bapak Andereas Dermawan yang kerap sekali mengabarkan pengajaran yang diklaim sebagai benar dan bersumber dari Tuhan Yesus Kristus.

    Namun dalam pandangan saya sebagai yang bergelut intensif dalam media online kristen yang menitik beratkan pada pengajaran Kristen, saya melihat bahwa Sinode GSJA, setidaknya, perlu meluangkan waktu yang memadai untuk mempelajari apa-apa saya yang diajarkan oleh bapak Andereas Dermawan.

    Ada kecenderungan beliau menafsirkan firman Tuhan dalam perspektifnya sendri sehingga sekalipun dia berupaya membangun dasar-dasar pembenaran atas penyimpulan yang dia ambil, namun justru bertentangan dengan bagian-bagian lain Perjanjian Baru secara keseluruhan, misalkan saja pengajarannya mengenai PEWARIS KERAJAAN SORGA (http://andereasdermawan.wordpress.com/2011/05/26/siapakah-pewaris-sorga/#comment-13).

    Pada tautan yang saya berikan diatas, pembaca umum akan “tersesatkan” dalam memahami Pengajaran Kristus. Coba kita cermati apa yang dikatakan selanjutnya :

    Beritanya adalah :BERITA SUKACITA ORANG MISKIN PEWARIS SORGA DAN BERITA DUKACITA ORANG KAYA SANGAT SUKAR MASUK SORGA.

    Apakah Menjadi Miskin (sebab ia mengatakan ORANG MISKIN PEWARIS SORGA) menjadi penentu KESELAMATAN? Bukankah Alkitab menyatakan YESUS KRISTUS adalah Penebus Dosa kita, apakah anda kaya, anda miskin, anda budak,anda tuan dan seterusnya.

    Pengajarannya bertitikberat pada hal yang terlihat Alkitabiah tetapi dapat dikatakan bertentangan dengan maksud Yesus Kristus. Bapak Andereas mengambil satu bagian pengajaran Kristus dan menjadikannya sebagai KESELURUHAN PENGAJARAN KRISTUS?

    Hal semacam inilah yang perlu ditimbang dengan seksama, sebab publikasi publik semacam ini juga seharusnya disertai dengan pertanggungjawaban publik.

    Sebagai media publik, http://www.gsja.org juga memiliki setidaknya memiliki tanggungjawab moran atas konten atau isi yang dipublikasikannya, minimal apakah memang memiliki kepatutan untuk tayang. Tentu saja dalam pertimbangan yang lebih serius dan dalam tataran pengajaran Kristen yang biblikal dan benar.

    Terimakasih kepada media online GSJA, telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan suara saya/pandagan saya.

    Tuhan Yesus Kristus Memberkati

    Salam hormat ,

    Martin Simamora

    Anchor of Life
    http://anchoroflife.blogspot.com
    Editor in Chief

  36. Antonius Mulyanto - April 20, 2012

    Trims masukannanya, saya akan cari waktu untuk membacanya.

  37. Andereas Dermawan - April 20, 2012

    Menanggapi protes dari yg kontra atas tulisan2 saya yg dimuat diweb GSJA. Sekali lagi saya siap mempertanggung jawabkan semua tulisan2 saya dalam forum apapun! Karena dalam pemberitaan Injil saya sadar akan ada pro kontra. bagi yg pro ini merupakan langkah awal utk pertobatan. Namun bagi yg kontra akan membuat asumsi macam2 sesuai sudut pandang mereka. Saya menulis bukan untuk menyukakan selera manusia. Tapi saya mencari perkenan Yesus dan saya mentaati semua perintah YESUS!Dan saya bertanggung jawab pada majikan Agung saya Tuhan Yesus Kristus apapun risikonya! Tks.

  38. Cyril Westbrook - February 18, 2013

    I would like to email the Superintendent in West Timor. I have friends there committed to Church. My wife and I were more than 40 years Assemblies of God missionaries in PNG. We want to encourage Church, and so share a few words with Church Leadership. God bless you each one as you build the Faith and spread the Love of God. In the Love of our Savior, Cyril Westbrook.

  39. meisilo,mth - March 15, 2013

    Sukses selalu untuk BPP GSSJA dan seluruh jemaat. Saya menulis sebuah buku yang berjudul: “PANTEKOSTAL MENJAWAB: Bahasa Lidah Sebagai Bukti Awal dari Baptisan Roh Kudus.” Isinya mengenai pandangan para pakar Alkitab, Teolog dan Sejarawan Pantekostal yang meyakini bahasa lidah sebagai initial evidence of baptism in the Holy Spirit. Para teolog tersebut berasal dari Assemblies of God, Church of God (Cleveland) and International Church of The Foursquare Gospel. Sehubungan dengan itu saya dengan setulusnya dan penuh pengharapan memohon ijin dan perkenanan dari BPP GSSJA, agar saya bisa menawarkannya ke Jemaat GSJA. Bila mendapat respon yang baik dari Jemaat, maka saya rencananya akan mengajukan permohonan agar bisa dicetak di Gandum Mas, karena saat ini saya hanya mencetak sedikit saja secara pribadi dengan pertolongan teman. Terima kasih atas perhatian, bantuan dan perkenanan dari BPP GSSJA. God bless (alfrido mewengkang,mth)

  40. Alfrits Rumbajan - March 16, 2013

    tindak lanjut penyelesaian perbedaan/selisi keuangan penyetoran perpuluhan dan lain-lain ke bendahara BPD Sulut 2 dan Gorontalo, sesuai dengan surat yg di sampaikan oleh bp. Joppy Rumbajan pada 16 Maret 2012 sampai saat ini belum di tindak lanjuti, dgn pertemuan wakil BPP bp. Pdt. DR. J. Lumanau, dgn BPD Bendahara; Pdt. Samuel Mundung dan komisaris; Pdt. Herry Dahlan pada tgl. 13 Juni 2012.. dgn hasil:
    - dibuatkan notulen rapat dan dibagikan ke setiap peserta rapat (sampai saat ini belum ada notulen rapat)
    - BPD akan segera melakukan penyelesaian dan hasilnya dibagikan ke setiap peserta(samapai saat ini belum ada hasilnya)
    Mengingat penyelesaian telah berlarut-larut penyelesaiannya dalam waktu dekat ini akan di lakukan Rapat Daerah dan Rapat Tahunan pemilihan Gembala Sidang
    Diharapkan BPP sebagai pucuk pimpinan GSJA di Indonesia dapat menjalankan tugas dan kewajibannya..
    Tuhan Memberkati…

  41. Feri Andri - June 22, 2013

    Dear Bpp GSJA,
    Syaloom,
    Mohon penjelasannya kenapa penerjemahan dari Assemblies of God ( AG Church ) ke Gereja Sidang-sidang Jemaat Allah, bukankah seharusnya Gereja Sidang-sidang Jemaat Tuhan??

    Terimakasih

Tulis Komentar Anda