Pujilah Tuhan!

Bacaan Alkitab: Mazmur 111 – 113

“Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama Tuhan” (Mazmur 113 : 3)

Ketiga Mazmur ini menyatakan tiga hal penting yang harus dilakukan oleh orang percaya, yaitu: Bersyukur (111 : 1); Berbahagialah (112 : 1) dan Pujilah (113 : 1). Si pemazmur menyampaikannya kepada kita bukan sekedar direnungkan tetapi diterapkan atau dipraktekkan dalam kehidupan kita.

Mengapa kita perlu bersyukur? (Pasal 111). Pemazmur sendiri dengan segenap hati mengatakan “Aku mau bersyukur kepada Tuhan”.  Bukan tanpa alasan ia mengucapkannya, tetapi karena suatu kesadaran yang penuh bahwa Allah itu agung dan ajaib dalam segala perbuatan-Nya. Bagaimana dengan kita?  Kita pun harus penuh dengan syukur, yaitu bersyukur dengan segenap hati bukan cuma sekedar bersyukur atau dengan hati yang dipaksakan. Bersyukur dengan hati yang dipaksakan akan menimbulkan sungut-sungut tetapi bersyukur dengan hati yang tulus akan mendatangkan kelegaan dan berkat dalam hidup kita.

Mengapa kita harus berbahagia? (Pasal 112).  Kebahagiaan itu hanya dapat diperoleh yaitu dengan takut akan Tuhan dan menaati Firman Allah.  Mazmur ini menggambarkan betapa berakar dan mantapnya orang yang dekat dengan Tuhan. Kedekatan dengan Tuhan itulah yang menjamin kebahagiaan yang sejati. Ia akan sangat berbahagia karena perlindungan dan kesejahteraan dilimpahkan oleh Allah dalam kehidupannya. Mengapa kita harus berbahagia?  Karena kebahagiaan itu ada di dalam Kristus, Tuhan kita. Di dalam Dia ada jaminan kebahagiaan, sebab sesungguhnya Kristus itulah sumber kebahagiaan sejati.

Mengapa kita harus memuji nama Tuhan? (Pasal 113).  Karena “Tuhan itu tinggi mengatasi segala bangsa dan kemuliaan-Nya mengatasi langit” (ay 4); karena tidak ada yang sama seperti Dia (ay 5); karena tindakan-tindakan-Nya  atas umat manusia dengan keadilan-Nya (ay 7-9).  Pujian kepada-Nya tidak dibatasi oleh waktu dan keadaan tertentu.  Memuji Tuhan bukan saja ketika kita senang, diberkati ataupun pada saat dalam ibadah. Sepatutnya kita memuji nama Tuhan dalam segala keadaan dan segala waktu dan dilakukan dengan berkesinambungan sampai selama-lamanya.

Orang yang berbahagia adalah orang yang selalu bersyukur; orang yang selalu bersyukur, akan mudah untuk memuji Tuhan.

Artikel oleh: November 13, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda