Bahan-Bahan Sekolah Minggu GSJA

Sejak dulu GSJA di dunia dikenal sebagai gereja dengan bahan pelajaran Sekolah Minggu terlengkap dan terbaik. Sehingga para misionaris yang datang ke Indonesia di masa lalu turut mendorong para siswa Sekolah Alkitab untuk memulai pelayanan dari pelayanan Sekolah Mingu kemudian barulah kepada pelayanan dewasa. Sampai hari ini, masalah yang dihadapi oleh guru-guru Sekolah Minggu berkaitan dengan kejenuhan murid-murid mendapat jawaban klasik yang tidak salah juga, yaitu masalah persiapan guru dan metode mengajar.

Tetapi untuk sampai kepada suatu pandangan tentang ISI atau kurikulum bahan Sekolah Minggu GSJA, mungkin anda guru-guru Sekolah Minggu, hamba Tuhan dan siapa saja, dapat memberikan komentar yang akan menjadi masukkan tentang Bahan Sekolah Minggu GSJA.

Seiring dengan berkembangnya jaman dan makin meningkatnya tuntutan kreatifitas, pelayanan Sekolah Minggu telah menjadi salah satu filter bertahannya orang tua dalam sebuah gereja. Jadi sangat penting kita memberikan perhatian kepada pelayanan anak-anak yang selama ini mungkin terabaikan.

Komentar anda dapat juga menyentuh aspek lain dari pelayanan Sekolah Minggu, misalnya soal pembagian usia, penggabungan bahan dengan bahan lain, dsb.

Kementar anda akan lebih baik jika:

  • Anda pernah mengajar Sekolah Minggu, atau
  • Anda pernah menggunakan bahan Sekolah Minggu GSJA, atau
  • Anda pernah tahu bahan lain di luar bahan Sekolah Minggu GSJA dan menggunakannya, atau
  • Anda sering mendengar keluhan anak-anak yang berada di Sekolah Minggu dengan menggunakan bahan GSJA

Masukkan anda akan menjadi sumbangan berarti bagi kami Departemen Sekolah Minggu Nasional GSJA.

Tuhan memberkati!

Artikel oleh: April 19, 2010  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

19 Komentar

  1. pitriani lie - April 20, 2010

    Masukan dari sy: Buat Buku yang praktis karna tidak semua guru SM berlatar belakang teologia. Buku yang bisa diterapkan pada anak SM yang ada di kota, desa, yang gereja besar/ kecil, ruang ber-AC, di camp pengungsi, dll.
    Buku yang dikemas sedemikian rupa yang bisa memandu guru dengan mudah untuk mengajar kepada anak; sesuai dengan tingkat usia anak tsb. (Perlu di ingat ada anak yang pintar, ada yang cepat nangkap, ada yang lambat, ada yg dalam perut kristen, ada yang baru).
    Buku yang bisa juga dijadikan bahan KKA Anak.
    Buku yang bisa dipakai jadi Kurikulum sekolah umum (TK, SD, SMP, SMA). Bagaimana itu ya?? saya aja yang kasi ide nyut-nyut kepalanya, apalagi saudara-saudari yang akan mengusahakan yang terbaik untuk sekolah minggu. Tapi tak apa nanti Tuhan kasi hikmat. sukses ya. Gbu

  2. Elsa Intanida S - April 21, 2010

    syallom,
    Ada banyak Gereja berada di daerah yang tidak terjangkau dari segi komunikasi, oleh karena itu mohon komunikasi dari Pusat sampai daerah-daerah lebih diperbanyak, misalnya Moment “Harnas”, terkadang kami yang ada di daerah mengenai Tema nya selalu telat.
    Dan satu lagi, sebaiknya dari pusat mengadakan banyak seminar-seminar yang membuka wawasan guru-guru SM, karena kebanyakan guru-guru tidak lulusan Theologi, tapi Guru yang muncul dari Kerinduan akan pelayanan.
    Terima kasih. GBU

  3. maria - April 22, 2010

    setahu saya bahan sm gsja dr gandum mas betul? tapi sampai sekarang kok bahan ga ada yg baru? kalau saya butuh bahan utk kka di jakaarta barat saya beli dimana? saya melayani di gbi kosambi baru, kami udah pake banyak bahan dr gandum mas, juga yg diterbitkan oleh kak surjadi GBI , sekarang kami mulai bosan, kok itu2 terus diulang-ulang?

  4. Romlin Keres - April 27, 2010

    Salom, puji Tuhan,
    saya sangat senang dengan kurikulum SM GSJA, dan mulai saya sekolah minggu hingga saya sekarang menjadi gembala sidang saya banyak belajar dan mengetahui lewat buku-buku tersebut, intinya adalah semakin kita banyak membaca tentang hal itu semakin luaslah hal-hal yang akan kita capai, cuma kalau bisa buku-buku tersebut bisa di promosikan kepada seluruh gereja-gereja khusus di daerah-daerah yang yang sulit mendapatkan buku-buku tersebut. atau melalui departemen SM, thanks Tuhan Memberkati.

  5. Sonta Sihotang - May 6, 2010

    syalom….
    Saya sangat setuju dengan saran kak Romlin Keres agar buku-buku kurikulum dipromosikan ke
    gereja-gereja lokal.

  6. bing salinno - May 23, 2010

    buat buku paduan utk panggung boneka yg alkitabiah. dan kumpulan cerita alkitabiah sbg naskah cerita. sy bisa membantu membuatkan boneka2 tokoh alkitab

  7. lukisanmoses - July 13, 2010

    Salam, nama saya Moses. Saya seorang awam theologia dan saat ini coba melayani guru sekolah minggu dengan bahan-bahan ajar berupa gambar mewarnai, puzzles, presentasi cerita aklitab power point da dan sebagainya. Seingta saya, sekolah minggu yang menarik akan memberikan kesan mendalam serta mengingatkan sepanjang hayat. Tepat sekali jika GSJA memberikan perhatian besar pada sekolah minggu. Strategi yang tepat. Tuhan Yesus memberkati.

  8. Lusya Marchtien - January 18, 2011

    Shaloomm! Sy disini tdk memberikan saran mlh justru ingin meminta saran. Saya berdomisili di kota Blora-Jateng,jemaat GSJA Getsemani Blora.Sy bukan asli GSJA,tp dari gereja protestan. Dulu,sy jg mengajar SM.Di SJA Blora,blm ada SMnya.Bgmn ya caranya spy sy bs mendapatkan bhn cerita SM beserta bhn kreativitasnya?? Trimakasih,Tuhan Yesus memberkati.

  9. vina - July 24, 2011

    saya mau tanya kalau mau dapat bahan pengajaran sekolah minggu itu gimana caranya????

  10. hm.sihombing - December 18, 2011

    departemen SM harus lebih cepat dan jeli untuk sesegera mungkin buat kurikulum ajar SM yang terbaik. Tks GBU

  11. ByTimothy - January 13, 2012

    Shalom… Menanggapi komentar Maria, sepengetahuan saya kurikulum SM GSJA memang sifatnya pengulangan. Maksudnya kurikulum lengkap itu untuk 3 tahun, kan setiap jenjang kelas anak2nya ada 3 usia. Nah kalo kita ikutin aturan mainnya pasti anak2 g bakalan bosen…
    Buat rekan-rekan pelayanan yang membutuhkan buku2 SM kurikulum GSJA bisa langsung pesan di penerbit Gandum Mas Malang… Setahu saya kalo pesennya melalui DSMN dapat diskon lho… (“,v Gereja kita sekarang udah pake kurikulum lengkap dari tahun pertama sampai ketiga… Semangat Pelayan Anak Indonesia… GBU!

  12. Meilan - January 17, 2012

    Salam sukacita! Berkaitan dengan bahan-bahan Sekolah Minggu GSJA. Yang dimaksud dengan bahan tentunya bukan hanya satu bahan tetapi semua bahan yang menunjang pelayanan Anak itu sendiri. Bahan bahan itu termasuk kurikulum Sekolah Minggu, buku pintar, flashcard, absensi guru dan murid, cerita boneka, dan masih banyak lagi. Semua yang saya sebutkan telah dicetak oleh Gandum Mas tentunya jika Anda menghubungi mereka Anda akan mendapatkannya.

    Kenyataannya yang selalu menjadi bahan perbincangan yang tiada habis habisnya adalah apakah kurikulum SM yang di cetak Gandum Mas itu sejak tahun 50an masih kompatibel dengan zaman sekarang?

    mari kita sejenak melihat isi dari buku tersebut, dari segi buku petunjuk gurunya nampaknya buku kita masih merupakan buku terlengkap, terpadat dan ter-detail- yang pernah ada. Telah exist selama kurun waktu yang panjang melewati lebih dari tiga generasi, generasi oma saya, mama saya dan saya kini masih diajarkan untuk anak saya, ini membuat saya menyimpulkan bahwa isi buku ini telah terbukti melewati banyak zaman. Kenapa tidak di zaman ini?

    Namun mengingat kondisi medan pelayanan anak masa kini, juga tidak dapat disangkal bahwa anak-anak dan guru guru kita telah dibanjiri dengan produk produk desain grafis yang penuh warna dan sangat indah tentunya. jika membandingkan dengan betuk dan model buku petunjuk guru milik kita tentunya akan terasa sangat ketinggalan.
    Jadi?

  13. Wiwik Tedjo Budiono - January 25, 2012

    Bahan-bahan SM Penerbit Gandum Mas telah mengalami revisi beberapa kali, dan yang ada sekarangpun telah direvisi, sudah tidak sama dengan tahun 1990 an.
    DSMN menganjurkan semua GSJA di Indonesia memakai KURIKULUM SM ini. Ada beberapa tingkatan KURIKULUM yang ada:
    1. Batita, tahun I dan II – Triwulan 1 s/d 4
    Range usia yang disarankan, 2 – 3 tahun, usia Playgroup
    2. Balita, tahun I & II – Tri 1 s/d 4
    Range usia: 4&5 tahun (TK A dan TK B)
    Tahun I utk anak TK A, tahun II utk anak TK B
    3. Pratama, tahun I, II & III – Tri 1 s/d 4
    Range usia: 6,7& 8 tahun (SD 1,SD 2, SD 3) atau disesuaikan
    Tahun I utk SD 1, tahun II utk SD 2, tahun III utk SD 3 atau
    disesuaikan
    4. Madya, tahun I, II dan III – Tri 1 s/d 4
    Range usia: 9,10 & 11 tahun (SD4, SD5, SD6) atau disesuaikan
    Tahun I utk SD4, tahun II utk SD5, tahun III utk SD6 atau
    disesuaikan
    5. Tunas Remaja, tahun I, II dan III – Tri 1 s/d 4
    Range usia: 12, 13, 14 tahun (SMP 1, SMP 2, SMP 3) atau
    disesuaikan
    Tahun I utk SMP 1, tahun II utk SMP 2, tahun III utk SMP 3
    atau disesuaikan
    6. Remaja, tahun I, II dan III – Tri 1 s/d 4
    Range usia: 15, 16, 17 tahun (SMA 1, SMA 2, SMA 3) atau
    disesuaikan
    Kemudian tentukan TAHUN AJARAN BARU, Kurikulum Gandum Mas memulai ajaran barunya di bulan Januari, tetapi bisa juga dimulai tahun ajaran baru di bulan Juli sesuai TAHUN AJARAN BARU SEKOLAH UMUM.
    Bila menerapkan tahun ajaran baru di bulan Juli, maka KURIKULUM yang dipakai TRIWULAN 3 (Kurikulum di bulan Juli).
    Dengan memakai PEDOMAN KURIKULUM seperti di atas, maka tidak akan ada anak Sekolah Minggu kita yang akan menerima pelajaran yang diulang-ulang. Jadi…lengkapilah KURIKULUM GEREJA ANDA, HUBUNGI DSMN (via PDSM masing-masing daerah)untuk mendapatkan discount 40%. Caranya mudah, hanya mengisi formulir isian, isilah kebutuhan KURIKULUM GEREJA ANDA. TUHAN YESUS MEMBERKATI!!! PAKAILAH KURIKULUM SM GSJA dengan benar…!!

  14. Irvan Grosman - March 10, 2012

    * Semua pasti tahu dunia anak-anak adalah bermain…
    * Semua pasti tahu anak-anak harus dan butuh ditangani khusus karena mereka semua adalah masa depan gereja.

    materi pembelajaran SM, sangat menentukan masa depan gereja.Mengutip satu tulisan, yang pernah saya baca mengulas
    “Ada tiga hal yang perlu dilihat kembali berkaitan dengan pertumbuhan gereja:
    1. kondisi gereja saat ini,
    2. kebangunan rohani bermula dari anak-anak,
    3. dan cara melakukan kebaktian SM

    GSJA lewat materi pembelajaran SM sudah sangat lengkap. Tapi tak ada salahnya kita juga melihat apa yg dilakukan gereja-gereja lain dalam pelayanan SM. Ada tulisan menarik Soal MEMORY BIBLE GAME atau MEBIG di:http://elkids.multiply.com/links/item/20

    Mungkin, ini bisa membantu kita menumbuhkan pelayanan SM di GSJA se-Indonesia….(Pdt Meilan Wantalangi pasti tahu hal ini…)

  15. Riyani - May 23, 2012

    Shallom
    sangat luar biasa di percayakan Tuhan anak2 SM krna sejak dr anak2 perlu di tanamkan takut akan Tuhan,,,,sbg penunjang dlam pelayanan Guru SM jg sangat penting perlu yg namanya pembekalan diri,,,untuk lebih memberikan pengajaran2 apa yg mjd kehendak Tuhan terhdap anak anak..,Selamat melayani,,,Tuhan Yesus memberkati

  16. srykandy hutabarat - June 18, 2012

    syalom
    kami juga memharapkan ada pembekalan bagi guru sekolah minggu
    dan apa rahasianya bagi guru-guru untuk tetap axis melayani anak-anak
    GbU

  17. Andy - March 11, 2013

    Kami dari Sekolah Minggu GSJA Mangga Besar 4M Jakarta senang menerima kabar dari PDSM. tapi kami ga tau bagaimana. Tolong Thanks. Kami buat Group Komunitas Sekolah Minggu GSJA Mangga Besar 4m jakarta. Gog Bless U all.

  18. Adi P.Nugroho - April 6, 2013

    Kurikulum adalah masalah klasik, seharusnya tenaga2 yang sudah bersekolah lanjut di S2 sudah bisa mengaplikasikan kurikulum di gereja lokal masing2 karena diajarkan mendetail, tapi sampai sekarang masil NOL sama seperti saya, mungkin kurang tinggi lagi pendidikannya.Terima Kasih.

  19. VERA RUNTUKAHU - June 28, 2013

    PENGALAMAN SAYA YG TIDAK PUNYA BASIC TEOLOGIA DALAM MENGAJAR SM, ADALAH HANYA MELIHAT KEBUTUHAN ANAK DAN MENGIKUTI PERUBAHAN ZAMAN KARNA TIDAK MUNGKIN SAYA MENGAJAR DENGAN POLA ZAMAN SAYA DIERA 70AN DENGAN ZAMAN SEKARANG MAJU DALAM SEGALA HAL, JADI SAYA HARUS MENYIAPKAN POLA PEMBELAJARAN DALAM SATU PAKET YAKNI SATU TEMA DALAM SEBULAN, SUBTEMA UNTUK BEBERAPA MINGGU, INDIKATOR SERTA EVALUASINYA. DAN ITU SANGAT MENOLONG SAYA SEHINGGA PROGRAM MENGAJAR SAYA TIDAK BERANTAKAN DAN SATU PAKET ITU SAYA SEDIAKAN UTK 3 KELOMPOK USIA ANAK TENTUNYA DENGAN BERBEDA-BEDA INDIKATORNYA, DAN YG PALING PENTING DOA DAN BELAJAR HARUS BERJALAN BERSAMA, SEMOGA BERMANFAAT, GBU

Tulis Komentar Anda