Bukan Upahan

Bacaan Alkitab: Daniel 5

“Kemudian Daniel menjawab raja: “Tahanlah hadiah tuanku, berikanlah pemberian tuanku kepada orang lain! Namun demikian, aku akan membaca tulisan itu bagi raja dan memberitahukan maknanya kepada tuanku.”   (Daniel 5:17 ).

Raja Babel, yaitu Belsyazar menawarkan banyak  hadiah indah dan kekuasaan yang besar pada Daniel jikalau Daniel dapat menerangkan tulisan yang muncul pada dinding istana raja. Tetapi Daniel menolak hadiah yang ditawarkan oleh raja Belsyazar. Daniel tidak termotivasi menjelaskan tulisan tersebut karena adanya hadiah atau imbalan. Dia mau melakukan itu tanpa mengharapkan pamrih atau upah. Ini menunjukkan sikap yang tulus dari diri Daniel.  Bahkan sejarah hidupnya, menunjukkan bahwa ia banyak melakukan kebaikan dan hal-hal yang benar lainnya.

Daniel tidak menunjukkan tidak hormat dalam menolak hadiah dari sang raja, tetapi dengan sangat santun dan dengan bijaksana. Dia mengatakan pada raja bahwa semua hadiah dari sang raja hanya akan memberikan sedikit kebaikkan pada diri Daniel. Dengan membaca dan memberitahukan makna dari tulisan di dinding istana raja itu berarti dia mau menunjukkan pengabdian pada sang raja. Sekalipun Daniel ditawari untuk menjadi penguasa ketiga yang tertinggi dalam kerajaan itu, Danel tidak mau menerimanya.

Ketika memberikan penafsiran, Daniel memberikan arti dari tulisan yang ada di dinding istana raja dengan jujur dan benar kepada raja. Dia tidak mau memberikan tafsiran hanya untuk menyenangkan hati raja. Tetapi menjelaskan segala sesuatu sengan sebenarnya.

Apakah Saudara benar-benar mengasihi Allah dengan tulus? Apakah Anda mau melakukan kebaikan terhadap sesama tanpa mengharapkan upah atau balasan?  Apakah Saudara hanya mau melayani Tuhan karena dipaksa oleh seseorang ataupun hanya karena termotivasi dengan upah/bayaran yang Saudara terima?  Melakukan yang benar harus menjadi prioritas utama kita, tanpa harus memikirkan bagaimana kita dapat memperoleh imbalan atau balasan.

Menolong orang lain atau pun melayani Tuhan tidak bisa hanya diukur dari berapa banyak bayaran yang Anda dapatkan!

Artikel oleh: September 11, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Daniel (Renungan Alkitabiah dari Kitab Daniel)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda