Punya Pendirian

Bacaan Alkitab: Ester 5: 9 – 14

“Pada hari itu keluarlah Haman dengan hati riang dan gembira; tetapi ketika Haman melihat Mordekhai ada di pintu gerbang istana raja, tidak bangkit dan tidak menghormati dia, maka sangat panaslah hati Haman kepada Mordekhai”(Ester 5 : 9)

Kita seringkali mengkritik seseorang yang cepat mengalah ketika ia berada di bawah tekanan, tetapi apa respon kita saat kita sendiri yang berada pada posisi yang demikian? Hanya orang yang memiliki ketabahan hatilah yang akan tetap pada pendirian, meskipun ia harus menderita.В  Karakter yang kuat seperti inilah yang dimiliki oleh Mordekhai ketika ia harus menghadapi tekanan bertubi-tubi dari Haman bin Hamedata. Mordekhai teguh pada pendiriannya bahwa, ia lebih takut kepada Allah daripada ancaman manusia.В  Hal itu diwujudkannya dengan tidak mau bersujud menyembah Haman.В  Mordekhai hanya mau menyembah Allahnya dan bukannya menyembah manusia seperti Haman, sekalipun Mordekhai harus mengalami tekanan dan kebencian dari Haman.

Haman yang merasa panas hati karena Mordekhai tetap pada pendiriannya untuk tidak berlutut dan sujud untuk menghormatinya terus-menerus menekan dan berusaha menghancurkan Mordekhai. Benarlah perkataan Yesus, “Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka,”(Matius 10:28).

Pernahkah Anda goyah dengan pendirian semula hanya karena tekanan yang Anda hadapi?В  Belajarlah dari Mordekhai untuk lebih takut kepada Allah daripada takut kepada ancaman manusia.В  Walaupun pada kenyataannya kecenderungan manusia adalah lebih takut kepada sesama manusia, entah itu bos/atasannya, istri/suami, anak/orang tua, atau sahabatnya daripada takut pada Tuhan.В  Bahkan ada orang yang rela tinggalkan imannya kepada Kristus karena takut pada manusia yang mengancamnya.В  Bagaimana dengan Saudara?

Pendirian yang harus kita pegang kuat-kuat dalam hidup ini yakni roh yang takut akan Tuhan diatas segalanya.

Artikel oleh: June 29, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Esther (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ester)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda