Banyak Yang Beragama Sedikit Yang Rohani

Bacaan Alkitab: Matius 23

“Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk”. (Matius 23 : 13)

Charles Spurgeon pernah bertanya kepada banyak orang yang menghadiri KKR yang dipimpinnya:

“Apakah ada di antara kalian yang pernah membaca sebuah buku berjudul The Ancient Mariner? (Marinir Tua).  Saya berani menyatakan bahwa buku itu penuh dengan imajinasi yang liar.  Akan tetapi imajinasi yang terliar adalah ketika diceritakan bagaimana marinir-marinir tua yang sudah lama mati muncul di hadapan para awak dan penumpang kapal.  Orang-mati itulah yang manarik layar ; orang-orang mati juga yang menggulung tali layar ; dan orang-orang mati juga yang mengayuh dayung kapal.  Sungguh satu imajinasi yang bukan hanya liar, tetapi juga janggal.
Akan tetapi, tahukah Saudara ada kenyataan yang lebih janggal daripada imajinasi yang dikembangkan oleh penulis buku di atas.  Saya mengunjungi banyak gereja dan mendapatkan adanya orang mati memimpin ibadah, orang mati jadi diaken, orang mati melayani perjamuan kudus, dan orang-orang mati duduk mendengarkan khotbah.”

Apakah yang Spurgeon maksudkan?  Apakah dia sedang menceritakan sebuah mimpi atau sebuah cerita horor?  Tentu saja bukan!  Spurgeon sedang menegaskan kembali apa yang telah diajarkan Yesus kepada orang-orang sezamannya yaitu: jika seseorang beribadah hanya sebagai tuntutan agamawi maka sebenarnya mereka adalah mayat-mayat hidup seperti ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi.
Oleh karena itu, jangan puas hanya sekedar menjadi ‘Orang Kristen Agamawi’, tetapi jadilah ‘Orang Kristen Rohani’ yang sungguh-sungguh bertobat dari segala dosa dan kebiasaan lama serta berkomitmen untuk hidup di dalam dan bagi kebenaran Allah.

Pastikan hidup Anda bukan saja setia beribadah, namun sungguh mengalami pemulihan dalam hidup!

Artikel oleh: December 26, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Matthew (Renungan Alkitabiah dari Injil Matius)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda