Menjadi Alat Tuhan

Bacaan Alkitab: Rut 2: 14 – 23

“Diberkatilah kiranya orang itu oleh Tuhan yang rela mengaruniakan kasih setia-Nya kepada orang-orang yang hidup dan mati” (Rut 2 : 20)

Bacaan kita hari ini memberikan suatu pemahaman iman yang tepat bagi siapa saja yang merasa hidupnya berada dalam kebuntuan jalan keluar. Sebagaimana Rut dan Naomi ditolong oleh Tuhan dengan cara-Nya yang ajaib, demikian juga dengan setiap kita yang menghadapi kesulitan hidup. Cara-cara Tuhan tidak terselami. Ia bekerja dengan cara yang misterius.В  Boas dipakai Tuhan untuk menyatakan kasih-Nya kepada dua orang janda ini. Mereka tidak dibiarkan sendiri, namun pendampingan Tuhan nyata melalui Boas. Demikian juga dengan hidup orang percaya. Siapapun kita, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita sendiri. Ia selalu mendampingi kita melalui banyak cara antara lain mengirim “Boas-Boas” tertentu dalam kehidupan kita.

Apa reaksi Naomi adalah juga menjadi reaksi kebanyakan orang ketika ia menerima pertolongan. Naomi begitu gembira dan bersyukur sambil memuliakan Tuhan (ay 20). Saat ini kita juga diajar untuk menjadi alat Tuhan seperti Boas dipakai menjadi alat-Nya. Ketika kita memberi diri bagi orang lain dengan penuh ketulusan menolong dan membantu mereka, secara tidak langsung hal itu adalah jawaban doa bagi mereka yang kita tolong. Efeknya adalah akan ada pujian bagi kemuliaan Tuhan.

Kita bisa menjadi alat Tuhan bagi kemuliaan nama-Nya dengan cara yang sederhana. Tidak harus menjadi pendeta atau pengkotbah ulung. Tapi dengan kesediaan mengulurkan tangan dan membantu orang lain, maka di sana akan ada ucapan syukur dan pemuliaan bagi nama Tuhan.В  Karena itu kita harus bersyukur atas kesempatan yang Tuhan berikan dalam hidup kita, dimana Tuhan melayakkan kita menjadi “perpanjangan-tangan Tuhan” atas sesama yang membutuhkan pertolongan.В  Hal itu merupakan pelayanan yang mulia.В  Marilah kita saling memperhatikan, menolong dan menopang orang lain, sebagaimana Tuhan telah menolong dan mendampingi kita dalam segala sesuatu.

Berikanlah hidupmu dipakai oleh Tuhan untuk menjadi saluran berkat-Nya bagi orang lain!

Artikel oleh: June 13, 2012   Kategori : Biblical Devotion from Ruth (Renungan Alkitabiah dari Kitab Rut)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda