Peta yang Sering Kita Abaikan

Ini soal PETA. Mengenal letak dimana Israel dalam peta dunia saja belum tentu diketahui semua Pelayan Injil. Banyak hal yang kita asumsikan kita tahu, padahal belum tentu. Tidak ada salahnya mengenali lagi secara sederhana tentang Israel – umat Pilihan Allah – yang telah membentuk sebuah negara sejak 14 Mei 1948. Untuk membantu maka kami berikan gambar dalam situasi modernnya:

a-255-1

(Beberapa peta berikut yang penting untuk para PI kami tampilkan di bawah)

Negara Israel menganggap ibukotanya adalah Yerusalem, sedangkan internasional menganggap ibukotanya adalah Tel-Aviv. Ini berkaitan dengan sengketa politik memperebutkan Yerusalem antara Israel dan Palestina. Sikap orang Kristen terhadap Israel pada umumnya mengikuti Mazmur 122, walaupun untuk tindakan-tindakannya yang sering terlihat ‘tidak manusiawi’ tetapi sebagai sebuah negara, Israel bukanlah negara yang sewenang-wenang terhadap orang lain. Israel berada dalam kondisi “mempertahankan diri”. Israel sebagai sebuah bangsa sudah ada di tanah tersebut sejak 3.000 tahun yang lalu pada jaman raja Daud karena itulah Tanah Perjanjian yang dijanjikan Tuhan Allah kepada mereka.

Letaknya di dunia adalah sebagai berikut:

a-315

Lihat juga konteks Israel disekelilingnya:

a-256

Sedangkan letak-letak pembagian suku-suku Israel menurut Joshua 19:49-50 lihatlah gambar berikut:

suku-2-israel1

Pada jaman Solaiman, kerajaan meluas dengan gambar sebagai berikut:

a-317

Sedangkan pembagian Dua Kerajaan menjadi Israel dan Yehuda mencakup berikut ini (latar belakang 1 Raj. 12:26-27):

a-316

Perhatikan juga letak bangsa-bangsa lain seperti Moab, Aram, Amon dsb. ketika kerajaan makin kecil dan kehilangan kekuasaan (latar belakang kisah 2 Raj. 16:10)

kerajaan-israel-1

(Sumber: Atlas of Bible Lands, etc.)

Semoga bermanfaat!

Artikel oleh: October 12, 2009  Tags:   Kategori : Artikel  Sebarkan 

2 Komentar

  1. heri widagdo - October 13, 2009

    PERTAMA-TAMA TKS PAK INI ARTIKEL SAYA SGT DIBERKATI,
    KOMEN SAYA memang penting pak utk belajar peta shg kita mengerti gambaran dr dulunya dan keadaan sekarang; bayangkan negara kita juga bermasalah dlm hal ini oleh sebab konon katanya ada negara tetangga “mau mencaplok” bag dr wilayah tanah air kita.
    Permohonan saya adalah agar sedikit lebih jelas historisnya – bisa enggak pak ditambahkan dlm artikel ini sejak brapa thn silam bngsa-2 disekitar israel ada. Kalo Israel kan sdh 3000 th yg lalu sdh ada di yerusalem. Waktu bpk presentasi di rakerda bpd kepri riau dan sumbar ttg hal ini dan setelah saya baca artikel ini; saya teringat film animasi perangnya antara goliat dan daud – di flm animasi tersebut ada dialog antara goliat dan daud bahwa siapapun yg kalah hrs menjadi budak dari yang menang untuk selama-lamanya (tapi dialog dlm film itu tak ada di alkitab 1Samuel17:40-58); dan yg menang ternyata daud.

  2. Budi Setiawan - October 13, 2009

    di website cwsgading saya pernah menuliskan kisah tanah tersebut yang menyebabkan pertengkaran terus, coba baca, karena reaksi orang kemudian beragam atas artikel trsebut, gbu bro

Tulis Komentar Anda