SEKILAS PANDANG WAGF FORWARD 2011 CHENNAI INDIA

by Pdt. David WB Salimpurwito – GSJA Nirmala Tegal

Assemblies of God yang di Indonesia dikenal sebagai Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) mengadakan pertemuan tiga tahunan WAGF (World Assemblies of God Fellowship Triennial Celebrations) di New Life AG Church Chennai India yang di gembalakan oleh Rev. Dr. David Mohan.

WAGF 2011 ini di mulai dari tanggal 6-9 Pebruari 2011 dan dihadiri sekitar 5000 total peserta, di antaranya terdapat sekitar 500 delegasi internasional dari 86 negara dan 8 delegasi dari Indonesia. Dari info yang diterima, saat ini jaringan AG secara internasional ada di 140 negara dan akan terus berkembang.

WAGF 2011 terkesan acaranya cukup padat dari tanggal 6-9 Pebr’11, dengan sesi-sesi dari para pembicara dari berbagai negara (antara lain tentang: Forward in God’s Favor, Prayer, Obedience, Missions, Pentecostal Power, Leadership, Reaching Kids, Small Groups, Loving the Lost, Church Planting, Ministry to our Neighbours, dan Forward in Compassion Ministry), juga dilengkapi dengan break-out sessions yang ada, semua acara berlangsung dari pagi sampai dengan malam.

Penekanan dari para pembicara umumnya tentang misi, penginjilan, pemuridan dan penanaman gereja baru terkesan cukup kuat untuk memotivasi dan menggerakkan setiap gereja lokal agar terjadinya gerakan pelipatgandaan jemaat sehubungan dengan visi 500 ribu gereja dan 100 juta jiwa di gereja-gereja AG di seluruh dunia dalam tahun 2020. Terlihat sudah ada cukup banyak negara yang sudah membuat goal dalam jumlah jemaat dan penambahan gereja baru sesuai dengan visi AG 2020.

New Life AG Church yang memfasilitasi WAGF 2011 Triennial Celebrations memberikan kesan tersendiri, dan bisa dijadikan sebagai model bagi gereja-gereja AG di seluruh dunia karena gereja ini di mulai dengan tujuh keluarga di tahun 1973 dan berkembang menjadi lebih dari 40.000 anggota jemaat di awal tahun 2011 dengan 4.000 komsel dan 250 cabang gereja yang tersebar di seluruh India dan manca negara. Pertumbuhan bahkan pelipatgandaan jemaat yang terjadi di New Life AG Church disebabkan adanya penekanan penginjilan melalui kelompok kecil, pelatihan dan pemuridan bagi jemaat lokal dan church planting movement yang berhasil.

Ada cukup banyak tantangan dalam perjalanan pelayanan yang dihadapi oleh Rev. David Mohan, di mana lokasi gereja nya sempat di landa banjir dan mengalami kebakaran, tetapi karena ketekunan dan perjuangan dari Rev. David Mohan beserta tim pelayanan yang ada, kemudian membawa keberhasilan dalam pelipatgandaan jemaat dari tahun ke tahun sampai hari ini, sehingga New Life AG Church sudah mempersiapkan satu lahan tanah baru di Chennai untuk dibangun suatu Mega Chucrh dengan kapasitas 55.000 tempat duduk sekali ibadah yang akan menjadi gereja terbesar di dunia untuk AG Church.

Sejalan dengan Visi AG 2020, merupakan tantangan bagi Badan Pengurus Pusat (BPP) dan Badan Pengurus Daerah (BPD) di gereja-gereja AG di Indonesia atau di Gereja-gereja Sidang Jemaat Allah di Indonesia (GSJA) untuk menggerakkan gereja-gereja lokal yang tersebar di seluruh Indonesia menuju Visi AG 2020, dengan penekanan kepada doa puasa, penginjilan pribadi melalui kelompok kecil, pelatihan dan pemuridan bagi pendewasaan jemaat lokal dan gerakan penanaman gereja baru yang konsisten dan berkesinambungan.

Gereja-gereja lokal tidak saja hanya fokus kepada pertumbuhan jemaat secara biasa-biasa saja tetapi sudah kepada pelipatgandaan jemaat secara luar biasa, dengan terus menciptakan “Pekerja-pekerja untuk suatu tuaian yang besar”.

Amin!

Artikel oleh: April 2, 2011  Tags:   Kategori : Berita Organisasi  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda