Roh Kudus Tercurah

RK

“Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Allah–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia” (Kisah Para Rasul 2 : 17b)

 

Sekalipun hari Pentakosta tidak dirayakan semeriah hari Natal ataupun hari Paskah, bukan berarti hari Pentakosta bukanlah peristiwa yang penting.В  Bagi orang-orang Yahudi jelas moment pentakosta adalah momen yang sangat penting.В  Bagi mereka, hari pentakosta itu merupakan hari panen besar-besaran, yang menunjukkan pemeliharaan Tuhan.В  Semua itu terjadi di hari ke-50 setelah pembebasan dari perbudakan Mesir, karena itu mereka menyebutnya pentakosta, yang berarti: hari ke-50.В  Bagi Kekristenan saat ini pun hari pentakosta juga merupakan peristiwa yang penting.В  Pentakosta melambangkan sebuah era baru dimana Tuhan bekerja dalam kehidupan anak-anak-Nya melalui Roh Kudus.В  Memasuki zaman kisah rasul sampai zaman kita tinggal sekarang,В  kita hidup dalam zaman Allah Roh Kudus; dimana Roh Kudus yang В berperan menjaga iman orang-orang percaya, dan memelihara kehidupan orang-orang percaya.В Sampai saat ini Roh Kudus terus bekerja atas hidup orang percaya.

Sebelum peristiwa Pentakosta murid-murid bersehati berdoa menantikan janji Tuhan Yesus. Karena itu, dalam ayat 1-13 dicatat penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, sehingga di Yerusalem orang-orang Yahudi dari segala bangsa memahami kebenaran yang mereka beritakan. Jadi kebenarannya adalah bahwa semua peristiwa dimulai oleh Roh Kudus. Pekerjaan-pekerjaan besar yang dilakukan oleh rasul-rasul sampai berdirinya gereja adalah dimulai oleh Roh Kudus. Ketika Roh Kudus belum turun, tampaknya rasul-rasul tidak ada harapan, tapi begitu Roh Kudus turun mereka penuh dengan kuasa.В  Demikian juga gereja-gereja masa kini, ketika ada masalah, perpecahan bukan satu-satunya jalan keluar tapi kita harus kembali kepada pimpinan Roh Kudus dan mohon Dia membuka jalan.

Jadi dapat dikatakan bahwa seseorang yang mempunyai Roh Kudus adalah seseorang yang mampu menjadi saksi bagi banyak orang.В  Karena jika Roh Kudus ada dalam pribadi kita, tidak bisa tidak, ia akan mendorong kita untuk menjadi saksi-saksi Kristus.

 

Semakin seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus, semakin kehidupannya menjadi saksi dan berkat bagi banyak orang.В 

 

Artikel oleh: June 22, 2016   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Acts (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kisah Para Rasul)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda