Menjadi Terang

Menjadi Terang

“Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari-Ku sampai ke ujung bumi.”

(Yesaya 49:6)

 

Israel sebagai hamba-Nya saat itu sedang mengalami penderitaan karena penjajahan dan pembuangan di Babel. Israel memikirkan tentang bagaimana mereka bisa menjadi bangsa yang utuh kembali. Namun, Tuhan mengingatkan bahwa mereka tidak boleh hanya memikirkan bangsa mereka sendiri. Kepada bangsa Israel, Tuhan mengatakan bahwa terlalu sedikit tugasnya dan impiannya jika hanya untuk menegakkan kembali suku-suku Yakub dan mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara (ay. 6). Mereka telah dipersiapkan untuk tugas yang lebih besar, yaitu menjadi terang bagi bangsa-bangsa, supaya semakin banyak orang merasakan keselamatan dari Tuhan.

Allah hadir ditengah-tengah kehidupan manusia untuk membawa pembaharuan (ay.2), sehingga tidak hanya kepada bangsa Israel saja Allah datang membawa terangNya tetapi untuk seluruh dunia. Jadi, kita sebagai hamba Tuhan dan anak-anak Tuhan harus menjadi terang bagi bangsa-bangsa di dunia ini, sehingga banyak bangsa-bangsa yang dahulunya masih memberhalakan alam ciptaan Tuhan, namun sekarang makin banyak bangsa-bangsa yang mengetahui siapa Allah sesungguhnya yang menguasai kehidupan ini.

Pernahkah kita menyadari bahwa Tuhan sedang memakai hidup kita untuk kehendakNya? Kita perlu merenungkan, peran apa yang perlu kita lakukan dalam melakukan kehendak Tuhan itu. Mungkin kita sadar, bahwa Tuhan menghendaki sesuatu yang perlu kita perankan, tetapi kita mengelak tugas yang mulia itu. Kita merasa tidak memiliki kemampuan. Kita merasa bahwa belum siap karena sibuk untuk menikmati dunia ini. Kita merasa takut tidak memperoleh dunia ini jika kita menuruti panggilan Tuhan. Padahal, Tuhan menjamin kehidupan umatNya, asalkan kita percaya padaNya.

Jangan biarkan beban dan pergumulan hidup membuat kita menjadi orang egois yang hanya memikirkan diri sendiri. Melalui pergumulan hidup, Tuhan justru mempersiapkan kita agar bisa menjadi berkat bagi orang lain yang dalam pergumulan; agar melalui hidup kita, makin banyak orang dikuatkan.

 

Tuhan memanggil kita agar terang itu nyata bagi orang lain melalui hidup dan pelayanan serta perbuatan baik kita.

 

Artikel oleh: June 16, 2016   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Isaiah (Renungan Alkitab dari Kitab Yesaya)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda