Terima Perbedaan

Terima Perbedaan

“Aku akan menggerakkan orang Mesir melawan orang Mesir,supaya mereka berperang, setiap orang melawan saudaranya , dan setiap orang melawan temannya, kota melawan kota, kerajaan melawan kerajaan”. (Yesaya 19:1)

 

Sejak zaman dahulu sampai kini, Mesir memang selalu bergejolak. Kita semua tahu kepemimpinan presiden Hosni Mobarak yang mengalami kehancuran karena karakternya sendiri yang tidak disukai oleh para lawan politiknya dan kemudian diwarnai dengan peperangan di antara mereka sendiri yang pro dan kontra, khususnya apa yang dinamakan Revolusi Mesir tahun 2011.

Sebetulnya, masing-masing dari kita adalah merupakan bagian dari sebuah lingkungan di mana kita akan bertemu dengan banyak pribadi-pribadi lain dengan banyak karakter. Beberapa di antaranya ada yang tidak sepaham dengan kita, beberapa orang lagi malah mungkin pernah menyerang hati kita. Itulah warna hidup yang harus kita sadari.   Mengapa Tuhan menciptakan banyak ragam banyak perbedaan? Kenapa tidak semua diciptakan sama rata saja supaya tidak terjadi resiko perpecahan? Tuhan menciptakan semuanya baik, berarti keragaman ini pun baik di mata Tuhan. Keberadaan orang lain di sekitar kita dapat menjadi pengaruh positif bagi diri kita sendiri. Bahkan teguran pun bisa membuat kita lebih mawas diri.

Seperti firman dalam PB yang berkata “Banyak anggota tetapi satu tubuh”, kita menyadari karakter yang berbeda dan kemampuan yang beragam akan menjadi harmoni yang indah bila disatukan dalam kasih Tuhan. Sekalipun di lingkungan kita bukan semuanya anak Tuhan, atau bahkan kita sendirian sebagai anak Tuhan, justru manfaatkan kondisi itu untuk menunjukkan “perbedaan” kita yaitu integritas Kristen yang terpuji, bukan perbedaan yang membuat pertentangan atau yang mencemarkan nama Tuhan.

 

Dalam menjalani hidup ini, siapkan hati untuk menerima segala perbedaan, karena itu baik di mata Tuhan, berarti itu baik bagi kita juga.

Artikel oleh: May 21, 2016   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Isaiah (Renungan Alkitab dari Kitab Yesaya)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda