Tetap Belajar!

Tetap Belajar

“Bangunlah, pergilah ke Niniwe…” (Yunus 1 : 2)

 

Yunus adalah seorang nabi yang pandai dan pemberani. Namun, semua itu tidak cukup untuk melayani Tuhan dengan baik. Tuhan masih harus mengajarkan dua hal penting bagi Yunus.

Pertama, ketaatan. Yunus menolak pergi ke Niniwe karena perintah Tuhan itu tidak sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Yunus menolak perintah Tuhan karena tidak mampu menghilangkan kebencian dan sikap permusuhannya kepada orang-orang Asyur. Namun demikian Tuhan justru menunjukkan kesabarannya untuk mengajar Yunus tentang ketaatan.  Upaya Yunus untuk melarikan diri dari hadapan Tuhan sungguh luar biasa. Dari kota pelabuhan Yafo seharusnya Yunus berlajar ke arah timur, ke kota Niniwe yang jaraknya sekitar 800 Km dari sana. Namun Yunus justru berlayar menuju kota Tarsis yang jaraknya sekitar 3000 Km ke arah barat. Itulah sebabnya sampai tiga kali disebutkan bahwa Yunus berusaha melarikan diri ”jauh dari hadapan Tuhan” (ay. 3a, 3b dan 10). Namun, ternyata Tuhan tidak pernah jauh dari Yunus.

Hal kedua yang perlu dipelajari Yunus adalah kerendahan hati. Ketika seluruh awak kapal merasa ketakutan, seharusnya Yunus berusaha menenangkan mereka dan mengajak mereka berdoa. Namun, Yunus justru memilih untuk tidur nyenyak dan tidak peduli dengan keadaan sekitarnya. Meski demikian, para awak kapal yang sebelumnya berseru kepada allah mereka (ay.5), sekarang berseru kepada Tuhan (ay.16). Para awak kapal itu mengenal Tuhan dan menyembah Tuhan, meski tanpa pelayanan khotbah seorang Yunus.

Jika di dalam diri seseorang terdapat kepandaian sekaligus keberanian, maka sikap yang akan cenderung muncul adalah keangkuhan atau kesombongan. Dengan sikap demikian tidaklah mungkin seseorang mengasihi dan melayani Tuhan dengan baik. Itulah sebabnya Tuhan mengajarkan kerendahan hati kepada Yunus.

 

Pastikan Anda selalu terbuka untuk tetap berlajar menjadi orang taat dan rendah hati.

Artikel oleh: October 23, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Jonah (Renungan Alkitabiah dari Kitab Yunus)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda