Jagalah Kekudusan!

Jagalah Kekudusan

“Jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!” (Kidung Agung 3:5)

 

Kitab Kidung Agung mengungkapkan bagian dari keinginan manusia yang penuh dosa untuk membangun kehidupan cinta dan kesetiaan hanya berdasarkan daya tarik fisik dan penampilan lahiriah. Ketidak-puasannya terhadap apa yang telah dimiliki terlihat nyata dari gaya bahasa puitis yang penuh khayal atau imajinasi yang luar biasa.

Sebagai pemuja keindahan dan seni, kitab ini memperlihatkan bahwa Salomo ialah pribadi yang sangat lemah dan tidak sanggup mengendalikan diri terhadap segala daya tarik erotis yang merupakan salah satu fokus hidup yang terbesarnya. Tidak mengherankan jika akhirnya dalam 1 Raja-raja 11:1, 3, menjadi rekaman Alkitab yang menunjukkan prestasi dan teladan hidup yang buruk di hadapan Allah dan manusia sepanjang masa. 300 isteri dan 700 gundik jelas bukan cerminan dari kehidupan cinta yang kudus di hadapan Allah dan teladan hidup kesetiaan yang baik bagi orang percaya pada zamannya, termasuk bagi kita pada hari ini.  Raja Salomo tidak bisa mengendalikan keinginannya dan melanggar perintah Allah.

Firman Tuhan ini memperingatkan setiap kita akan akibat atau bahaya dari keinginan yang melampaui batas yang Allah kehendaki, pasti menimbulkan kehancuran diri sendiri! Allah mengendaki agar kita hidup kudus di hadapan-Nya. Oleh sebab itu, kita harus mengendalikan keinginan-keinginan dalam diri kita yang membuat kita jatuh dalam dosa. Menjaga kekudusan di tengah dunia yang modern ini tidaklah mudah. Pasti akan banyak sekali cobaan yang menggoda kita. Mengetahui kelemahan diri sendiri adalah sangat penting, sehingga kita tidak jatuh dalam keinginan diri sendiri yang mengakibatkan kita melanggar perintah Allah. Bagaimana dengan Anda hari ini?

Janganlah kita menjadi serupa dunia ini, yang mengeksploitasi nafsu kedagingan dan hanya mau memuaskan keinginannya. Sebaliknya, hidup dalam kehendak Allah, agar kita bisa menjadi berkat bagi orang lain dan memuliakan nama-Nya.

 

Mari kita menjaga kekudusan hati, pikiran, perkataan, dan perbuatan kita.

 

Artikel oleh: June 16, 2015   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Song of Solomon (Renungan Alkitabiah dari Kitab Kidung Agung)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda