Melayani Tuhan

Melayani

“Berkatalah Elia kepada Elisa: “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.” (2 Raja-Raja 2 : 9)

 

Perjumpaan Elisa dengan Elia merupakan awal mula perubahan dalam diri Elisa untuk dipakai oleh Tuhan.  Saat perpisahan dengan Elia, Elisa meminta dua bagian dari roh Elia agar dia bisa melayani umat Tuhan dengan lebih baik.

Kisah Elia dan Elisa dalam perikop ini berbicara tentang bimbingan dan transisi kepemimpinan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Proses transisi, suksesi dan kelangsungan tugas kenabian sangat menentukan sukses tidaknya sebuah pelayanan. Dari sini kita belajar bahwa sebaiknya hubungan senior dengan junior adalah hubungan yang saling membangun, bukan hubungan yang saling bersaing dan sikut-menyikut. Terlebih dalam hal suksesi kepemimpinan di tengah-tengah jemaat maupun organisasi lainnya.  Kita juga belajar dari Elisa tentang bagaimana ia belajar dan mengikuti orang yang lebih berpengetahuan dan lebih bijaksana. Permintaan Elisa untuk “dua bagian roh” adalah tentang warisan rohani yaitu semangat pelayanan bukan kekuasaan. Dia ingin melanjutkan pelayanan Elia dan bukan memulai model pelayanan yang ia ciptakan sendiri.  Ini merupakan sebuah pelayanan yang dilakukan dalam kerendahan hati.

Dalam hidup kita ini, kita memiliki peran  sesuai dengan talenta dan pekerjaan kita masing-masing. Baiklah kita tetap setia memberikan yang terbaik bagi Allah melalui talenta dan pekerjaan kita tersebut. Elisa setelah terpilih untuk menggantikan posisi Elia, maka ia memberikan dirinya sepenuhnya untuk melayani dengan tulus, sepenuh hati dan penuh kesetiaan.  Percayalah, jika Allah memanggil kita untuk suatu tugas pelayanan, Allah akan memberikan semangat dan kasih karunia kepada kita untuk melakukannya.

 

Ingatkan diri Anda bahwa semua pelayanan yang Anda lakukan, bisa menjadi persembahan yang harum bagi Allah. 

Artikel oleh: December 9, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from 2 Kings (Renungan Alkitabiah dari Kitab 2 Raja-Raja)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda