Tetap Setia

 Tetap Setia

“Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu.”

(1 Raja-Raja 17:6)

 

Nama ‘Elia’ berarti ‘Tuhan adalah Allahku’. Hal ini benar-benar nyata dalam kehidupan Elia, di mana Tuhan sanggup memelihara hidupnya secara luar biasa, dan Elia pun memiliki ketaatan penuh kepada Tuhan Allahnya.

Elia menghadapi situasi yang sulit di zamannya. Kondisi moral dan rohani bangsanya merosot dan benar-benar bobrok: mulai dari raja, para imam sampai seluruh rakyat hidup menyimpan dan menyembah berhala. Ini dikarenakan Ahab, rajanya, berlaku jahat di mata Tuhan “…lebih dari pada semua orang yang mendahuluinya” (1 Raja-Raja 16:30), di bawah pengaruh istrinya, Izebel putri kerajaan Sidon, seorang penyembah berhala, “…sehingga ia pergi beribadah kepada Baal dan sujud menyembah kepadanya.” (1 Raja-Raja 16:31). Tetapi Elia mampu mempertahankan iman, tetap hidup dalam kebenaran, setia melayani Tuhan dan tidak berkompromi dengan kebobrokan moral bangsanya. Elia hidup laksana ikan yang berenang melawan arus, bukan hanyut terbawa arus. Elia tidak takut pada kekuatan politik waktu itu, berani hidup dengan tetap percaya kepada Tuhan walau resikonya kehilangan kenyamanan dan nyawanya terancam.

Keberanian Elia ini bukanlah tindakan bodoh atau nekat, tetapi buah iman kepada Tuhan Allahnya yang hidup dan berkuasa, karena dia tahu bahwa Allah yang ia sembah jelas lebih besar daripada para baal sesembahan Ahab dan Izebel. Ini terbukti ketika kekeringan dan kelaparan melanda negerinya, Elia tidak mengalami kekurangan, ia tetap hidup oleh iman karena pemeliharaan Tuhan yang ajaib (1 Raja-Raja 17:4-5).  Karena kesetiaan dan ketaatannya terhadap firman Tuhan, Elia tidak pernah berkekurangan walau di tengah kekeringan dan kelaparan.

Milikilah ketaatan dan kesetiaan yang sungguh kepada Tuhan, maka Anda akan menikmati kasih dan kuasaNya.

 

Artikel oleh: December 3, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from 1 Kings  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda