Tuhan Yang Sanggup

Tuhan Yang Sanggup

“Dan sekarang, apakah yang kunanti-nantikan, ya Tuhan? Kepada-Mulah aku berharap” (Mazmur 39 : 8)

 

Saat suatu masalah mendatangi kita, kita tidak boleh melarikan diri dari masalah atau takluk kepada masalah, melainkan kita harus menghadapi dan mengatasi masalah dengan bersandar kepada pertolongan dan kemurahhatian Allah.  Agar kita bisa mengatasi masalah, pertama-tama kita harus memahami sumber masalah yang kita hadapi. Masalah kadang-kadang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri, termasuk karena kelalaian atau kekurangdisiplinan. Masalah bisa disebabkan oleh orang lain yang dengan sengaja berlaku jahat terhadap diri kita (Ingatlah bahwa kita hidup dalam dunia yang berdosa). Masalah juga bisa muncul karena usaha Iblis untuk membuat kita jatuh ke dalam dosa. Masalah bisa pula timbul karena Allah hendak membentuk diri kita melalui masalah tersebut.

Dalam pasal 38, Daud mengemukakan berbagai macam masalah yang dia hadapi, baik menyangkut kesehatan tubuh, adanya musuh yang ingin mencelakakan, maupun adanya rasa bersalah. Dalam pasal 39, Daud menggambarkan bahwa dirinya menghadapi masalah yang amat berat, yang membuat dia sudah tidak memiliki semangat hidup (39:5). Dalam menghadapi berbagai masalah di atas, Daud mencari pertolongan dan penyertaan Tuhan. Dia mengakui kemahatahuan Tuhan (38:10). Dia berharap kepada Tuhan (38:16; 39:8). Dia mengaku dosa (38:19). Dia bertekad untuk menjaga diri agar tidak melakukan dosa (39:2). Dia memohon pengampunan (39:11, 14).

Sikap Daud dalam menghadapi masalah itu menjadi teladan bagi kita. Dari satu sisi, kita perlu melakukan introspeksi diri dan mengaku dosa di depan Tuhan. Dari sisi lain, hanya Tuhan yang bisa menjadi sandaran kita. Di dalam tangan Tuhan, tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.  Tuhan Allah kita sanggup menolong kita mengatasi setiap masalah kehidupan yang menyerang hidup kita, asalkan kita selalu bersandar pada firman-Nya.

 

Kuasa Tuhan lebih besar dari pada masalah yang kita hadapi.  Jadi, percayalah pada-Nya,

maka Dia akan bertindak!

 

Artikel oleh: November 22, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Psalm (Renungan Alkitabiah dari Kitab Mazmur)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda