Anak-Anak Terang

Terang

“Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan akan

mempunyai terang hidup” (Yohanes 8: 12)

 

Keadaan manusia di zaman Yesus, banyak orang yang mengalami putus asa dan mencari pertolongan agar terbebas dari tekanan yang berat. Ada pula yang hidup penuh kepalsuan dan hanya mementingkan diri sendiri, rasa takut akan Allah tidak ada serta hidup dalam kenikmatan dosa dan kesenangan  dunia  yang penuh dengan kegelapan.  Di tengah keadaan itu, Yesus tampil dan berkata kepada orang banyak: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Yohanes 8: 12). Perkataan Yesus tersebut hendak menjelaskan kepada murid-Nya, bahwa Dialah yang dapat menuntun setiap orang ke jalan yang terang. Dan di dalam diri-Nya hanya ada terang, dan bagi setiap murid-murid-Nya akan menjadi terang bagi dunia ini (Matius 5: 14).

Perkataan Yesus juga telah kita dengar, tetapi hendaknya bukan sebatas mendengar. Melainkan kita harus merespon dan menyatakan dalam kehidupan kita sehari-hari, agar dapat menerangi kegelapan hati manusia di sekitar kita. Kita harus hadir sebagai firman yang hidup dan berani menyatakan kebenaran Allah di tengah-tengah kefasikan dan kegelapan dunia. Jangan sekali-kali  terang dalam diri kita disembunyikan (ditaruh di bawah gantang atau di bawah tempat tidur), sehingga menjadi samar-samar, tetapi hendaklah ditaruh di atas kaki dian/kaki lampu, yaitu di tempat yang tinggi (Markus 4: 21) agar kegelapan dunia di sekitar kita dapat menjadi benar dan terang. Kebenaran dan kesucian hidup kita dinantikan orang banyak sehingga melalui kita semua orang memuliakan nama Tuhan.

 

Pengikut Kristus haruslah hidup dalam kebenaran Allah, karena hanya dengan cara demikian kita dapat disebut sebagai anak-anak terang.

 

Artikel oleh: September 30, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from John (Renungan Alkitabiah dari Injil Yohanes)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda