Jauhilah Okultisme!

“Haruslah engkau hidup dengan tidak bercela di hadapan Tuhan, Allahmu”. (Ulangan 18 : 13)

 

Allah menentang spiritisme, okultisme dan penyembahan berhala, termasuk di dalamnya apa yang tuliskan pada ayat 10 dan 11 yakni: petenung, peramal, penelaah, penyihir, pemantera ataupun yang bertanya kepada arwah ataupun kepada roh-roh orang mati. Tetapi semua itu sangat bertentangan dengan kebenaran Allah dan dengan tegas Alkitab mengatakan bahwa semua itu kekejian bagi Tuhan.  “Janganlah bertenung!” merupakan seruan dari pasal ini.

Apa yang mendorong  manusia untuk minta bantuan kepada dukun peramal atau tukang sihir? Biasanya sebabnya ialah karena orang tersebut merasa terjepit dalam kesulitan atau tertimpa kekuatiran mengenai masa depan. Mungkin dia mencari bantuan bagi dirinya sendiri atau demi seorang kekasih.  Barangkali dia baru kena penipuan dan ingin mengetahui siapa yang merugikannya atau ingin mengatasi kesulitan dalam keuangan, atau gangguan kesehatan, atau ingin mengatasi kesulitan keuangan, atau gangguan kesehatan ataupun ingin membetulkan suatu hubungan intim yang sudah menjadi kacau.  Atau mungkin juga dia berusaha mengalahkan lawan dengan memakai sihir. Mungkin pula dia ingin mengetahui nasib yang menanti sehingga kalau boleh malapetaka dielakkan.  Namun, keterlibatan didalamnya sangat dilarang keras dalam Alkitab.  Sangat jelas bahwa segala jenis tenung bersifat egois dan manipulatif, yakni berusaha menguasai kuasa rohani tersebut serta memanfaatkannya demi kepentingan manusia itu sendiri, padahal kuasa yang ada dibalik itu semua adalah kuasa iblis, sang pembohong sejati!

Sudah seharusnya orang percaya menyadari bahwa sumber pertolongan satu-satunya hanyalah Tuhan, bukan kepada yang lain.  Terhadap segala kesulitan dan kekuatiran yang mungkin kita hadapi, Tuhan sudah menyediakan pertolongan yang serba cukup melalui firman-Nya yang diterapkan kepada setiap keadaan kita.  Maka Tuhan berjanji bahwa selalu akan ada kuasa dan pertolongan Ilahi ditengah umat-Nya.  Jadi, jauhilah roh yang bukan dari Allah dan mendekatlah kepada Roh Kudus.

Semua bentuk okultisme dan penyembahan berhala sangat bertentangan dengan kebenaran Allah dan harus dijauhi oleh orang percaya.

 

Artikel oleh: August 29, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Deuteronomy (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ulangan)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda