Ikutilah Jalan Tuhan!

“Menurut petunjuk yang diberikan mereka kepadamu yang dikatakan mereka kepadamu haruslah engkau berbuat; janganlah engkau menyimpang ke kanan atau ke kiri dari keputusan yang diberitahukan mereka kepadamu” (Ulangan 17 : 11)

 

Begitu banyak gereja yang se-aliran dengan berada di kampung-kampung atau dusun-dusun terpencil yang sangat sulit untuk dijangkau.  Contohnya, pelayanan di pedalaman Kalimantan atau pun di pedalaman Papua. Ada yang harus melewati sungai, hutan lebat atau jalan terjal yang berbatu-batu tajam.   Seorang hamba Tuhan yang melayani di tempat-tempat seperti itu membutuhkan ekstra kekuatan dan kesabaran dalam menempuh perjalanan.  Penting untuk komitmen dan selalu taat pada rencana perjalanan dan pelayanan.  Jika terlalu banyak mampir atau istirahat bisa saja perjalanan yang ditempuh mengalami kendala dan terpaksa harus bermalam karena matahari telah terbenam dan perjalanan masih cukup panjang.

Perjalanan orang Israel tidak begitu lama lagi akan memasuki tanah yang sudah dijanjikan Tuhan. Untuk tiba di tanah Kanaan, maka Musa menasihati supaya kehidupan baru di Tanah Kanaan dijalani sesuai kehendak-Nya, yaitu: Pertama, jika menemui persoalan datanglah kepada para imam (orang Lewi). Kedua, ikuti petunjuk Tuhan dan jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri. Nasihat Musa terlihat sederhana, tetapi inilah pola dasar kehidupan yang telah menuntun orang Israel tiba di Tanah Kanaan.

Kita pun sedang berjalan menuju “Tanah Kanaan”-nya masing-masing. Harus waspada dan hati-hati memilih jalan, agar tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri. Apakah jalan yang kita pilih sudah sesuai dengan jalan Tuhan atau belum. Jika menyimpang, segeralah berbalik arah untuk kembali ke jalan-Nya. Datanglah dalam doa dan mintalah bimbingan Firman Tuhan. Bacalah Alkitab dan taatilah bimbingan Firman Tuhan, jangan menyimpang ke kanan atau ke kiri.

 

Jadi, kita diingatkan bahwa setiap orang harus mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan jalan Tuhan serta kehendak Tuhan.

Artikel oleh: August 28, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Deuteronomy (Renungan Alkitabiah dari Kitab Ulangan)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda