Anda Adalah Pemimpin!

Anda adalah pemimpin

“Lalu pergilah Salomo bersama-sama dengan segenap jemaah itu ke bukit pengorbanan yang di Gibeon, sebab di situlah Kemah Pertemuan Allah yang dibuat Musa, hamba Tuhan itu, di padang gurun”. (2 Tawarikh 1 : 3)

 

Tuhan menyertai dan menjadikan kekuasaan Salomo raja Israel menjadi luar biasa besarnya. Tuhan sendiri yang memilih, menetapkan Salomo jadi raja Israel menggantikan Daud. Baik Daud dan Salomo adaIah raja-raja Israe yang taat, setia kepada Tuhan. Mereka merupakan raja-raja yang mengandalkan kuasa Tuhan. Kemampuan dan kekuatan mereka hanyalah bersumber dari kuasa Tuhan Allah.

Dengan mengandalkan wibawa Ilahi, raja Salomo mampu memberi amanat dan perintah kepada seluruh Israel, kepada kepala pasukan seribu dan seratus, kepada para hakim juga kepada pemimpin di seluruh Israel termasuk kepada para kepala puak atau kepala suku. Mereka semuanya taat mendengar dan melaksanakan amanat serta perintah raja Salomo. Seluruh rakyat dan bangsa Israel termasuk bangsa sekitarnya sangat menghormati juga menjunjung tinggi raja Salomo selaku raja yang sangat bijak dan tegas.

Tindakan nyata Salomo selaku raja yang mengutamakan Tuhan Allah, dia pergi bersama jemaat ke Bukit Pengorbanan. Dikemah pertemuan Allah di Mezbah Tembaga yang ada didepan Kemah Suci Tuhan, raja Salomo bersama jemaat yang ikut meminta petunjuk Tuhan.  Juga di tempat itu Salomo mempersembahkan korban dihadapan Tuhan Allah. Dia mempersembahkan seribu korban bakaran. Dengan demikian secara spiritualitas raja Salomo sangat kuat imannya kepada Tuhan Allah. Salomo adalah raja dan pemimpin yang takut akan Tuhan serta memperdulikan keterlibatan rakyat dan umat Tuhan dalam kegiatan peribadatan.

Ketika menjadi pemimpin atau pelayan Tuhan di manapun kita berada harus disadari yang memilih serta menetapkannya adalah Tuhan.  Dan kepemimpinan kita berdasarkan wewenang dan mandat dari Tuhan untuk memimpin umat serta melayani pekerjaan-Nya. Berarti sebagai pelayan Tuhan kita memiliki loyalitas dan dedikasi memimpin umat Tuhan dengan bijaksana dan tegas.

 

Siapapun diri kita, kita adalah pemimpin rohani yang diberi mandat oleh Tuhan untuk mewartakan kebenaranNya.

 

Artikel oleh: June 13, 2014   Kategori : Biblical Devotion (Renungan Alkitabiah), Biblical Devotion from Chronicles (Renungan Alkitab dari Kitab Tawarikh)  Sebarkan 

Tulis Komentar Anda